Sukses

6 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United

Dimitar Berbatov menjadi pemain termahal Manchester United sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United tengah mencari satu striker untuk meringankan pekerjaan Wayne Rooney di lini depan. Penyerang tersebut juga bisa dijadikan pelapis Robin van Persie.

Sebenarnya, pada musim lalu, Setan Merah memiliki Radamel Falcao. Namun MU tidak mau mempermanenkan kontraknya karena Falcao hanya mampu mencetak empat gol, tidak sesuai dengan harapan manajer Setan Merah Louis van Gaal.

Sejauh ini, klub yang bermarkas di Old Trafford Stadium itu dikabarkan tengah mengincar tanda tangan Karim Benzema, Edinson Cavani, atau Gonzalo Higuain. Tapi, tidak ada perkembangan lebih lanjut soal transfer pemain tersebut.

Tapi percayakan Anda, MU pernah membeli striker dengan harga mahal dan sangat sukses di eranya?

Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Andy Cole

Andy Cole

Pada 1 Desember 1995, MU membeli Andy Cole dari Newcastle United dengan mahar sebesar 6 juta pound, atau senilai dengan Rp 125 miliar (kurs hari ini). Transfer tersebut menjadikan Cole menjadi penyerang termahal pertama MU.

Kepindahan Cole ke MU tentu menjadi sebuah kejutan. Sebab, dia pernah menyatakan kesetiaannya bersama Newcastle United.

"Saya sudah berulang kali mengatakan tidak akan pernah meninggalkan Newcastle United. Tapi jika khayalan saya menjadi kenyataan, dan itu tawaran dari Manchester United, maka akan saya perhitungkan," ucap Cole sebelum gabung di Old Trafford.

Pria yang kini berusia 44 tahun tersebut memperkuat MU hingga tahun 2001 telah mempersembahkan 5 gelar Liga Premier Inggris, 2 piala FA Cup dan 1 trofi Liga Champions.

3 dari 7 halaman

Dwight Yorke

Dwight Yorke

Rekan duet paling sempurna untuk Andy Cole, Dwight Yorke bergabung dengan MU pada 20 Agustus 1998. Yorke didatangkan dari Aston Villa dengan mahar sebesar 12,6 juta pound, atau Rp 263 miliar (kurs saat ini).

"Ini adalah kesempatan yang selalu saya inginkan, yakni bermain untuk tim terbesar di dunia," imbuh pria berkebangsaan Trinidad dan Tobago tersebut, usai meneken kontrak dengan Setan Merah.

Empat musim bersama MU, Yorke telah meraih 3 gelar Liga Premier Inggris, 1 trofi FA Cup dan 1 piala Liga Champions.

4 dari 7 halaman

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy

Manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson sangat kagum dengan ketajaman striker PSV Eindhoven, Ruud van Nistelrooy. Pada 1 Juli 2001, MU pun resmi mendapatkan striker maut asal Belanda itu dengan harga 19 juta pound, atau Rp 397 miliar (kurs saat ini).

Lima musim bersama MU, striker yang juga pernah memperkuat Real Madrid itu mencetak 150 gol dari 219 penampilan di semua kompetisi.

Selain itu, Van Nistelrooy juga merengkuh 1 gelar Liga Premier Inggris, 1 trofi FA Cup, dan 1 gelar Piala Liga Inggris.

''Hati saya sudah dengan Manchester United sejak mereka tertarik kepada saya. Tentu saja saya gembira bisa menjadi pemain MU," imbuh Van Nistelrooy.

5 dari 7 halaman

Robin van Persie

Robin van Persie

Pada Agustus 2012, MU mendapatkan striker asal Belanda andalan Arsenal, Robin van Persie. Untuk mendapatkan Van Persie, MU harus merogoh kocek sedalam 24 juta pound (Rp 465 miliar).

Setan Merah tidak rugi membeli Van Persie dengan harga mahal. Bersama mantan penyerang Feyenoord tersebut, MU merengkuh gelar Liga Premier Inggris musim 2012-13.

Pada musim pertamanya, Van Persie juga menjadi top skor Liga Premier Inggris dengan mencetak 26 gol dari 38 pertandingan.

6 dari 7 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney

Agustus 2004, Ferguson memutuskan untuk merektur pemain berusia 18 tahun, Wayne Rooney dengan mahar 27 juta pound, atau senilai dengan Rp 565 miliar dari Everton.

Rooney pun mampu melunasi uang yang dikeluarkan Man United dengan penampilan gemilang di lapangan. Dia mampu mempersembahkan 11 titel juara buat MU, mulai dari lima trofi Liga Premier Inggris, dua Piala Liga, dua gelar Community Shield, satu Liga Champions, dan satu titel juara Piala Dunia Antarklub.

7 dari 7 halaman

Dimitar Berbatov

Dimitar Berbatov

Striker termahal MU hingga saat ini adalah Dimitar Berbatov. Dia didatangkan dari Tottenham Hotspur dengan harga 30 juta pound, atau setara dengan Rp 628 milair (kurs saat ini) pada 1 September 2008.

"Dimitar merupakan striker paling menarik di dunia dengan gaya dan kemampuannya," puji Sir Alex Ferguson ketika berhasil mendapatkan Berbatov.

Empat musim bersama Setan Merah, Berbatov berhasil mencetak 48 gol dari 108 penampilan di Liga Premier Inggris. Dia juga menjadi kunci MU ketika menjuarai Liga Champions musim 2008-09. (Cak/Ary)


Baca juga:

9 Pembelian Murah Manchester United Namun Jadi Superstar

Sergio Ramos Manfaatkan Manchester United Demi Hal Ini

Pelatih Juventus Jatuh Cinta kepada Bintang 'Buas' Chelsea

Amarah Van Gaal Meledak Saat Ditanya Transfer De Gea dan Ramos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.