Sukses

Terungkap, 5 Alasan Utama Cech ke Arsenal

Usaha Mou mempertahankan Cech sia-sia

Liputan6.com, London - Kepindahan Petr Cech dari Chelsea ke Arsenal cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, manajer Chelsea, Jose Mourinho, selalu menegaskan tidak mau menjual kiper asal Republik Ceko itu ke klub rival.

Namun usaha Mou mempertahankan Cech sia-sia. The Blues akhirnya setuju dengan mahar 10 juta pound yang diberikan Arsenal.

Lalu apa saja alasan Cech berpaling ke Emirates Stadium. Berikut 5 faktornya seperti dilansir Telegraph:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mourinho Lebih Memilih Courtois

Jose Mourinho sebenarnya tidak bisa menyalahkan orang lain untuk penjualan Cech. Pasalnya ia sendiri yang mengesampingkan peran penting kiper berusia 33 tahun musim lalu.

Ya, meski baru kembali dari masa peminjaman di Atletico, Thibaut Courtois langsung mengudeta posisi Cech sebagai kiper utama. Padahal Cech selalu menjadi pilihan utama selama satu dekade belakangan.

Ironisnya, jika Cech bertahan maka ia akan menjadi pemain pelapis hingga tahun 2019. Maklum kontrak kedua kiper ini akan habis pada tahun tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Restu Abramovich

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, berperan besar dalam transfer Cech. Tanpa adanya campur tangan taipan asal Rusia itu, maka negosiasi Cech ke Arsenal tidak akan berjalan mulus.

Abramovich memang punya kedekatan spesial pada pemain yang membawa kejayaan Chelsea di era Jose Mourinho pertama tiba. John Terry, Didier Drogba, Frank Lampard, dan Cech selalu mendapat perlakuan istimewa.

Khusus kasus Cech, Abramovich memang enggan melepasnya ke klub lain di luar London. Tampaknya Abramovich merasa tak enak hati karena sang kiper terus dicadangkan musim lalu. Dan ia membayarnya dengan merestui kepindahan Cech ke Arsenal sesuai dengan permintaan keluarga kiper tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Arsenal Berubah Filosofi

Keinginan Arsenal untuk menjadi kampiun Liga Premier tampaknya benar-benar direalisasikan musim ini. Terbukti mereka membeli Cech ketimbang pemain muda seperti yang selama ini dijalankan.

The Gunners kini bertekad mengembalikan reputasi mereka menjadi klub besar menyamai Chelsea, MU, dan Manchester City. Ambisi ini tentu membuat Cech tertantang ketimbang menjadi pelapis di Stamford Bridge.

5 dari 6 halaman

4. Jaminan Posisi Utama

Perekrutan Cech membuktikan Arsenal belum punya rasa aman di sektor penjaga gawang. Terlebih musim lalu Wojciech Szczesny dan David Ospina kerap membuat blunder.

Szczesny membuat kesalahan besar saat laga lawan Southampton di tahun baru. Alih-alih meminta maaf, dia justru tertangkap kamera sedang merokok di ruang ganti.

Sementara Ospina, meski tampil cemerlang menggantikan Szczesny juga tak luput dari sorotan. Yang paling diingat tentu saat Arsenal takluk dari Swansea City.

Itu sebabnya Cech dijamin mendapat posisi utama di bawah mistar gawang. Ia akan didampingi Szczesny yang masih muda dan melepas Ospina yang ditawar Fenerbahce.

6 dari 6 halaman

5. London dan Arsene Wenger

Cech sudah 11 tahun tinggal di London. Dia hidup bahagia bersama istri dan anak-anaknya. Jadi ia tak mau pindah ke tempat lain dan beradaptasi di kota yang baru.

Selain itu, kiprah Wenger juga tidak bisa dikesampingkan. Cech pasti tak mau kehilangan kesempatan untuk bekerja bersama salah satu manajer terbaik di dunia. (Vid/Ian)

Baca Juga:

Bek Muslim Jerman Tersanjung Diminati Madrid

9 Transfer Mengejutkan MU Sepanjang Masa

PSSI Disanksi, UI Malah Raih Emas di Cabang Sepak Bola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal

    Petr Cech

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Bursa Transfer