Sukses

Juara GP Inggris, Hamilton Bergaya di Depan Publik Sendiri

Mercedes finis 1-2 di GP Inggris.

Liputan6.com, Silverstone - Pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton berjaya di kandang sendiri setelah menyentuh garis finis di urutan pertama GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu 5 Juli 2015.

Juara dunia F1 bertahan itu mencatatkan waktu 1 jam 31 menit 27,729 detik. Peluang Lewis Hamilton mempertahankan gelar juara itu terbuka lebar. The Briton--julukan Hamilton--memimpin di puncak klasemen pembalap mengemas 194 poin. Dia memimpin 17 poin dari Nico Rosberg di urutan kedua mengemas 135 poin.

Keberhasilan Hamilton finis di urutan pertama sekaligus melengkapi rapor impresif Mercedes GP di GP Inggris. Rekan satu tim Hamilton, Nico Rosberg mengakhiri balapan di urutan kedua.

Hasil gemilang juga ditorehkan pembalap Jerman, Sebastian Vettel yang menggeber Ferrari. Mantan driver Red Bull Racing itu finis di urutan ke-4. Itu menjadi podium ke-5 Vettel sepanjang musim balap edisi 2015 ini. Juara dunia F1 empat kali itu sekarang menempati posisi ketiga dengan mengemas 120 poin.

Pertarungan sengit sempat ditunjukkan Hamilton dan pembalap Williams, Felipe Massa. Hamilton sempat menekan Massa tapi masih belum mampu mengambil alih pimpinan lomba. Justru, Hamilton disalip Valteri Bottas sampai Hamilton melorot ke urutan ketiga di lap kelima.

Pembalap McLaren, Jenson Button sudah harus mengakhiri balapan lebih cepat karena bersenggolan dengan Romain Grosjean yang mengemudi Lotus-Mercedes.

Vettel akhirnya mampu bersaing guna mendapatkan posisi terdepan di lap ke-15. Juara dunia F1 empat kali beruntun itu merangsek ke urutan enam di belakang Nico Hulkenberg dan Nico Rosberg.

Hamilton akhirnya memimpin balapan di lap ke-23 karena strategi pit-stop yang apik. Memasuki lap 42, dua Mercedes menempati urutan pembalap di depan. Namun, Hamilton masih nyaman dengan jarak enam detik. Mantan pembalap McLaren itu tampil sebagai juara GP Inggris.

Hasil Balapan F1 GP Inggris 2015

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 52 laps 1hr 31m 27.729s
2. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +10.9s
3. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +25.4s
4. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +36.8s
5. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1m01.1s
6. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +1m 03.9s
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +1m 18.7s
8. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +1 lap
9. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
10. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap

11. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
12. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +3 laps
13. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +3 laps

Gagal Finis

Rtd Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault 32 laps
Rtd Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault 22 laps
Rtd Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault 3 laps
Rtd Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes 0 laps
Rtd Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes 0 laps
Rtd Jenson Button GBR McLaren-Honda 0 laps

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.