Sukses

Tekuk Jepang, AS Juara Piala Dunia Wanita

AS menjadi negara pertama yang tiga kali menjadi juara Piala Dunia.

Liputan6.com, Vancouver - Amerika Serikat akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia Wanita setelah mengalahkan Jepang 5-2 dalam laga yang digelar di BC Place, Vancouver, Kanada, Senin (6/7/2015) pagi. Ini adalah prestasi AS yang ketiga kalinya menjuarai Piala Dunia Wanita.

Tiga gol AS di antaranya diciptakan striker Carli Lloyd lewat trigol tercepat dalam turnamen ini, termasuk satu gol spektakuler dari setengah lapangan.

Kapten tim AS itu menciptakan tiga gol dalam kurun 16 menit ketika secara mengejutkan AS langsung memimpin 4-0.

Gol pembuka tercipta pada menit ketiga ketika umpan diagonal diselesaikan dengan baik oleh Lloyd lewat tendangan first time keras. Jepang makin terseok dua menit kemudian ketika Lloyd menggandakan keunggulan dari situasi set piece.

Jepang ketinggalan 0-3 sampai menit 14 ketika sundulan untuk menghalau bola dari Azusa Iwashimizu malah jatuh ke Lauren Holiday, yang tak ayal melepaskan tendangan voli dari dalam kotak penalti.

Amerika Serikat juara Piala Dunia Wanita setelah mengalahkan Jepang (Reuters)

Namun, gol paling menawan terjadi dua menit kemudian ketika Lloyd membawa bola di tengah lapangan dan menyaksikan Kaihori terlalu jauh meninggalkan gawang. Bola dia langsung kirim ke gawang dan kiper Jepang yang sempat terperanjat terlambat menghalau bola.

Jepang memperkecil ketinggalan pada menit 27 ketika Yuki Ogimi memperdaya Julie Johnston di kotak penalti untuk kemudian melepaskan tembakan yang tak bisa dijangkau Hope Solo.

Jepang menciptakan gol kedua dari tendangan bebas jarak jauh Aya Miyami. Namun, dua menit kemudian AS menciptakan satu gol penutup lewat Tobin Heath.(Ian/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini