Sukses

Obama Undang Srikandi Lapangan Hijau AS ke Gedung Putih

"Silahkan datang ke Gedung Putih dengan trofi Piala Dunia," undang orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Liputan6.com, Washington - Keberhasilan Timnas Wanita Amerika Serikat juara Piala Dunia wanita 2015 disambut meriah dari dalam Gedung Putih. Presiden Barack Obama memberikan selamat pada Carli Lyod Cs.

Tim Negeri Paman Sam tampil impresif dalam pertandingan di BC Place, Vancouver, Kanada, Minggu 5 Juli 2015 waktu setempat. AS memetik kemenangan meyakinkan 5-2 atas Jepang. Sang Kapten sekaligus striker Lloyd mencetak hattrick. Sedangkan, dua gol tambahan AS lainnya dicetak oleh Lauren Holiday dan Tobin Heat.

Sebagaimana dilansir dari The Mirror, Obama secara khusus memberikan pujian atas penampilan gemilang yang ditunjukkan Llyod yang memborong tiga gol AS. Dia juga bangga dengan perjuangan AS selama di Kanada."Silahkan datang ke Gedung Putih dengan trofi Piala Dunia," undang Obama.

Publik figur AS larut dalam euforia kemenangan tim besutan Jill Elis itu. Penyanyi Beyonce Giselle Knowles memposting foto di Instagram dengan memakai jersey Timnas AS bernomor punggung 4 dari belakang dengan latar belakang televisi yang menayangkan pertandingan AS vs Jepang.

Ucapan selamat untuk Timnas juga mengalir dari penyanyi RnB, Justin Timberlake. Melalui akun Twitter, Justin menulis "AS, AS, AS." Tokoh sepakbola dunia, Ronaldinho ikutan 'latah' "Selamat untuk Timnas Wanita AS yang tampil sebagai Juara Piala Dunia 2015."

Sebenarnya, ini bukan pertama kali Timnas Wanita AS merebut gelar juara di Piala Dunia. Sebelumnya, AS telah merebut gelar ini pada 1991; tahun pertama Piala Dunia Wanita diselenggarakan. Kemudian, AS merebutnya pada 1999. Kemenangan 2015 terasa spesial. Sebab, pada 2011 lalu mereka kalah dari Jepang. Ketika itu, AS kalah adu penalti. Jadi bisa dibilang, AS sukses membalaskan dendam.

Khusus buat Llyod keberhasilan mengantarkan tim menjadi juara lebih dari apapun. Empat tahun silam, dia gagal mengeksekusi penalti hingga AS menelan kekalahan 1-3 di adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.