Sukses

Menpora Puji Konsistensi Rio Kibarkan Merah Putih

Rio kembali mengharumkan nama bangsa setelah memenangi sprint race di Sirkuit Silverstone, Inggris

Liputan6.com, Jakarta Keberhasilan pembalap Rio Haryanto mengibarkan bendera merah-putih untuk ketiga kalinya di ajang GP2 Series 2015 patut diacungi jempol. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pun memberikan pujian kepada pembalap kelahiran Solo, 22 Januari 1993 itu.

“Mampu mengibarkan Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk ketiga kalinya musim ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Rio. Mudah-mudahan prestasi terbaik kembali diraih Rio pada lima seri kedepan," ujar Menpora mengapresasi prestasi yang telah ditorehkan Rio.

"Sepertinya, Indonesia memang sudah semakin dekat untuk memiliki pebalap yang dapat berlaga di ajang balap paling bergengsi, F1,” imbuh Menpora.

Rio kembali mengharumkan nama bangsa setelah memenangi sprint race di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu 5 Juli 2015. Podium juara pada seri kelima GP2 ini adalah kemenangan Rio yang ketiga. Dua kemenangan sebelumnya diraihnya pada sprint race di Bahrain seri pertama dan sprint race pada seri keempat di Austria.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat konferensi pers terkait pembentukan tim transisi PSSI, Jakarta, Jumat (8/5/2015). Menpora mengumumkan sejumlah nama yang menjadi Tim Transisi. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Bergabung dengan Tim Campos Racing, Rio memang tampil bersinar musim ini, dengan menunjukkan grafik yang melonjak dibanding dua musim GP2 sebelumnya. Dari lima seri GP2 yang sudah berlangsung, Rio hanya gagal meraih poin di Monako.

Dalam empat seri lainnya, dimana tiap seri terdiri atas dua race, ia selalu berhasil mencetak angka, bahkan sudah empat kali naik podium dan tiga kali juara.  Pada klasemen sementara paruh musin, ia kini menduduki peringkat ketiga dengan 91 poin, di bawah Stoffel Vandoorne (170 poin) dan Alexander Rossi (105 poin).

“Masih ada lima seri balapan GP 2 musin ini. Kita harapkan Rio terus tampil konsisten dalam perjuangannya meraih hasil terbaik dan terus memperbaiki peringkat. Kita doakan semoga kemampuannya yang luar biasa selalu diiringi dukungan teknis dan faktor luck yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dan mempengaruhi hasil balapan,” tambah Cak Imam, sapaan akrab Menpora yang akhir tahun lalu sempat bertemu dan memberikan support kepada Rio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sponsor

Menteri asal Bangkalan, Madura ini, juga berterima kasih kepada para sponsor, terutama BUMN Pertamina, yang hingga saat ini terus memberikan dukungan kepada Rio sehingga bisa tampil di ajang olahraga yang relatif membutuhkan biaya besar ini. Ia berharap, sponsor tersebut dan perusahaan-perusahaan lain bisa saling bergandengan untuk memberikan support sehingga pebalap terbaik Indonesia ini bisa mewujudkan impiannya tampil di ajang F1 (Formula One).

ANCAMAN CUACA - Rio Haryanto dan tim Campos Racing mengantisipasi perubahan iklim di seri GP2 Red Bull Ring Spielberg, akhir pekan ini. (Bola.com/GP2 Series)

“Merupakan sebuah kebanggan jika Indonesia bisa memunculkan pebalap yang tampil di ajang F1. Kini, Rio sudah membuktikan kapasitasnya dan menunjukkan bahwa Indonesia berbicara di kancah balap dunia,” tutur mantan Sekjen PKB ini.

Seri keenam GP2 2015 akan dilangsungkan di Sirkuit Hungaroring, Hongaria, pada 25-26 Juli mendatang. Kemudian empat seri selanjutnya akan digelar di Belgia, Italia, Rusia dan akan berakhir di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi pada 28-29 November.(Ian/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini