Sukses

Statistik Pirlo: Buatan Italia, Dicap New York City

Juventus baru saja mengonfirmasi bahwa gelandang Andrea Pirlo resmi bergabung dengan klub MLS New York City FC.

Liputan6.com, Turin - Juara bertahan Serie A Liga Italia, Juventus baru saja mengonfirmasi bahwa gelandang Andrea Pirlo resmi bergabung dengan klub MLS New York City FC. Usai menghabiskan empat musim di Turin bersama Bioanconeri, Pirlo akan memulai petualangannya di Amerika Serikat pada 21 Juli mendatang.

New York baru saja ikut MLS pada tahun ini dan mereka juga telah lebih dulu merekrut juara Piala Dunia 2010, David Villa serta legenda Chelsea, Frank Lampard. Pirlo merupakan bintang Eropa ketiga yang direkrut klub anggota waralaba City Football Group.

Andrea Pirlo (OLIVER LANG / AFP)

Pemain 36 tahun itu menikmati masa kejayaannya bersama Juve dengan menyabet Scudetto empat kali terturut-turut. Sejak datang ke Turin pada 2011, dia telah tampil sebanyak 119 di liga domestik dengan mencetak 16 gol serta menyumbangkan 33 assist.

Pada musim terakhirnya di Juve, Pirlo memang hanya tampil sebanyak 20 kali di Serie A dan 10 kali di Liga Champions. Namun, dia tak pernah mendapat kartu kuning di sepanjang musim 2014/2015.

Pirlo dianggap sebagai 'dewa' di antara pesepakbola top dunia. Selain punya prestasi mentereng bersama klub-klub yang pernah dia bela, dia pernah mengangkat trofi Piala Dunia 2006 bersama tim nasional Italia.

 Ekspresi gelandang Andrea Pirlo yang mencium scudetto (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Di Milan selama satu dekade sejak 2001, dua gelar Liga Champions didapatnya. Begitunya dengan Scudetto pada musim 2003/2004 dan 2010/2011. Kiper gaek Juve Gianluigi Buffon, sampai pernah mengatakan kalau dalam kurun waktu 25 tahun, Pirlo adalah sosok pesepakbola terhebat yang pernah dimiliki Italia bersama Roberto Baggio.

Pada Senin (6/7) Pirlo New York City FC mengumumkan kepindahan sang legenda ke MLS dengan status free transfer. MLS makin berwarna dengan kehadiran Pirlo, Steven Gerrard (LA Galaxy), Ricardo Kaka (Orlando City), dan rekan setim Pirlo, David Villa serta Frank Lampard.

Data statistik Andrea Pirlo (Liputan6.com/Yoshiro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini