Sukses

Mobil Pertama Legenda Formula 1 Dijual Rp 20,5 Miliar

Mobil itu menjadi saksi kehebatan Ayrton Senna ketika melakukan debut di ajang balap jet darat pada tahun 1984.

Liputan6.com, London - Mobil legendaris yang pertama kali dipakai oleh legenda Formula 1, Ayrton Senna akan dijual. Mobil itu menjadi saksi kehebatan Senna ketika melakukan debut di ajang balap jet darat pada tahun 1984.

Mobil yang dinamai Toleman-Hart TG184 itu paling diingat ketika Senna memulai debutnya di GP Monaco. Pebalap asal Brasil itu hampir saja memenangi balapan dengan kondisi hujan jika tidak kalah cepat dari Alain Prost.

Mobil legendaris Formula 1 yang dikenakan almarhum Ayrton Senna dijual (Evo)

Aksi hebat Senna di GP Monaco pada 3 Juni 1984 itu membuat penonton terkagum. Senna hanya finis di posisi kedua. Namun, Senna yang ketika itu berusia 24 tahun berhasil mencatatkan waktu tercepat untuk melahap satu putaran.

Mobil legendaris Formula 1 yang dikenakan almarhum Ayrton Senna dijual (Evo)

Kendaraan paling bersejarah itu kini dipamerkan di James Edition of London. Toleman-Hart TG184 dijual seharga 1 juta pound, atau senilai dengan Rp 20,5 miliar.

Harga yang cukup mahal memang. Namun perlu diingat, mobil ini sangat bersejarah. Kita bisa mengenang mendiang Senna yang meninggal di usia 34 tahun.

Mobil legendaris Formula 1 yang dikenakan almarhum Ayrton Senna dijual (Evo)

Senna meninggal tahun 1994 ketika sedang balapan di GP San Marino. Mobil Williams-Renault yang dikendarainya terlihat bermasalah sejak awal balapan. Pada lap kelima dia menabrak pembatas dan tidak sadarkan diri.

Ayrton Senna

Tim medis pun membawanya ke rumah sakit terdekat di Maggiore, Bologna. Dua jam setelah balapan yang dimenangkan Michael Schumacher tersebut, Senna dinyatakan meninggal dunia karena mengalami pendarahan hebat di kepalanya. (Cak/Ary)

Baca juga:

Martunis Tertarik Jadi Warga Negara Portugal

Martunis Jadi Satu-satunya Pemain Muslim di Sporting Lisbon

WBO Cabut Gelar Juara Mayweather yang Didapat dari Pacquiao

6 Winger Ini Bisa Gantikan Posisi Angel Di Maria di MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.