Sukses

Wasit Indonesia Belum Punya Asosiasi Profesional

Thoriq M Alkatiri mengatakan sampai saat ini perangkat pertandingan di Indonesia belum memiliki suatu wadah berbentuk asosiasi profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu wasit Indonesia Super League (ISL), Thoriq M Alkatiri mengatakan sampai saat ini perangkat pertandingan di Indonesia belum memiliki suatu wadah berbentuk asosiasi profesional, seperti APPI (Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia).

Bila ada agenda penyegaran perangkat pertandingan diikuti oleh wasit dari Asosiasi Wasit Profesional Indonesia (Awapi), Thoriq menegaskan Awapi belum ada pengakuan dari PSSI. "Setau saya belum ada asosiasi profesional untuk wasit. Saya juga bingung Awapi dari mana, padahal belum ada pengakuan dan kepengurusan," kata Thoriq saat dihubungi Liputan6.com.

Tim Transisi Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) baru saja merampungkan agenda penyegaran perangkat pertandingan di Pusat Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON), Wisma Soegondo Djojopuspito, Cibubur, Kamis (9/7/2015) lalu.

Sebanyak 158 wasit dan asisten wasit dari Awapi melakukan penyegaran sebagai ajang persiapan menghadapi turnamen Piala Kemerdekaan yang kick-off pada 1 Agustus 2015 mendatang.

Wasit dan asisten wasit yang sebagian besar memimpin laga di Divisi Utama tersebut mendapatkan materi meliputi praktek lapangan psikologi dan kepemimpinan, serta teori persiapan fitness test. "Saya hanya tahu AWAPSI. Tapi yang diakui PSSI sampai FIFA di Indonesia memang belum ada. Mungkin Awapi hanya semacam perkumpulan saja," pungkasnya. (Ris/Def)

Baca Juga:

Datangi Markas Latihan Madrid, Ramos dan Casillas Pamit?

Rossi Bicarakan Pembatasan Modifikasi di Moto GP 2016

Menpora Minta Yusril Tak Perkeruh Masalah Sepak Bola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini