Sukses

Rossi Bicarakan Pembatasan Modifikasi di Moto GP 2016

Semua motor Moto GP bakal menggunakan software ECU yang sama.

Liputan6.com, Saxony: Jelang Moto GP Jerman, Valentino Rossi dan pembalap motor pabrikan lainnya mendapatkan kabar soal pembatasan modifikasi motor di 2016. Pembatasan utamanya di sektor Electronic Control Unit (ECU), alat pengontrol asupan bensin ke mesin.

Federasi Balap Motor Dunia (FIM) sudah menetapkan jika tim pabrikan yaitu Honda, Yamaha dan Ducati bakal menggunakan ECU yang sama dengan tim lainnya mulai 2016 nanti. Namun mulai Moto GP Jerman, tim pabrikan tak bisa lagi gonta ganti ECU mereka hingga akhir musim.

Apa komentar Rossi terkait ini? Pembalap asal Italia itu mengaku tetap kalem dan meyakini jika pembatasan modifikasi ECU tak akan berpengaruh kepada penampilannya di sisa musim ini. Sebaliknya, Rossi malah ingin tahu seperti apa dampak perubahan regulasi itu?

"Regulasi itu bakal membuat balapan menarik, saya pikir semua pembalap bakal penasaran untuk mengetahui apa yang terjadi dengan peranti elektronik motor tahun depan," ujar Rossi seperti dikutip crash.net.

"ECU kami saat ini bagus, bekerja sangat bagus. Saya sangat penasaran untuk mengetahui apa yang berubah dari peranti elektronik musim depan. Tapi kami harus menunggu hingga tes di valencia. Tapi pembatasan ini tak akan mengubah apapun."

Rossi saat ini unggul 10 poin atas rekannya sendiri, Jorge Lorenzo di klasemen sementara Moto GP. Selain Lorenzo, Rossi dipastikan masih bersaing dengan pembalap Honda, Marc Marquez. Lalu ada pula duo Ducati, Andrea Ianone dan Andrea Dovizioso. (Def/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.