Sukses

Di Balik Tradisi Barcelona Gemar Boyong Pemain La Liga

Tradisi tersebut bukan sekedar kebetulan. Ada motivasi tersembunyi di baliknya.

Liputan6.com, Barcelona - Total 11 pemain didatangkan Barcelona sejak ditangani Luis Enrique. Uniknya, 7 di antara mereka merupakan penggawa yang sudah malang melintang berkompetisi di La Liga.

Menurut AS, hal tersebut bukan sekedar kebetulan. Ada motivasi tersembunyi di baliknya.

Enrique dipercaya sengaja memboyong para pemain yang sudah akrab dengan kerasnya kompetisi di Spanyol supaya mereka tak butuh waktu panjang untuk melakukan adaptasi.

Ivan Rakitic (Josep Lago/AFP)

Bukti nyata atas cara Enrique itu sudah bisa dilihat. Musim kemarin Barcelona merengkuh treble winners dan tiga rekrutan klub-klub La Liga, Ivan Rakitic (Sevilla), Claudio Bravo (Real Sociedad) dan Jeremy Mathieu (Valencia) memberikan kontribusi besar atas keberhasilan itu.

Claudio Bravo (AFP PHOTO/Josep Lago)

Musim lalu ada 5 pemain dari La Liga yang didatangkan. Selain ketiga nama di atas, juga ada Rafinha (Celta Vigo) dan Jordi Masip (Barcelona B). Sementara pemain luar La Liga yang bergabung musim lalu adalah Marc Andre Ter Stegen (Moenchengaldbach), Luis Suarez (Liverpool), Thomas Vermaelen (Arsenal), dan Douglas (Sao Paolo).

Musim ini, Enrique melanjutkan tradisinya mendatangkan pemain dari sesama tim  Spanyol. Aleix Vidal yang pertama digaet. Dia diboyong Sevilla untuk memperkuat kanan pertahanan sekaligus melapis kinerja Dani Alves.

Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar

Lalu Arda Turan ditransfer dari Atletico Madrid. Dia diharapkan bisa menambah daya gedor dari lapangan tengah, mendukung tugas Andres Iniesta. Sayang, meski sudah resmi bergabung, dua penggawa anyar Barcelona ini belum bisa turun bertanding hingga Januari 2016 akibat sanksi transfer ilegal. (Oleh: Rama Dani)


Baca Juga:
Villarreal Minati Pemain Indonesia? Ini Kisah Sebenarnya
Pemain Muda Indonesia 3 Kali Jadi Top Scorer di Liga Qatar
Banyak Utang, Bakrie Group Jual Brisbane Roar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.