Sukses

Kisah Deja Vu Arda Turan Bergabung ke Barcelona

Turan sempat memiliki kenangan dengan tim asal Catalan itu.

Liputan6.com, Barcelona - Arda Turan resmi memperkuat Barcelona di bursa transfer musim panas ini. Barcelona menjadi tujuan pemain asal Turki itu. Ibarat deja vu, karena Turan sempat memiliki kenangan dengan tim asal Catalan itu.

Pada 19 Maret 2002 lalu, Turan yang ketika itu masih menjadi ball boy bertugas di pertandingan antara Galatasaray melawan Barcelona. Pertandingan itu dimenangkan Barcelona dengan skor tipis 1-0. Kebetulan, gol tunggal Barcelona dicetak oleh Luis Enrique yang kini menjadi pelatih Barcelona. Turan mengaku masih mengingat momen itu. "Enrique mencetak gol luar biasa di Istanbul," kata Turan dilansir dari AS.

Bergabungnya Turan ke Barcelona tidak bisa dipisahkan dari peran Enrique. Pelatih asal Spanyol itu memang mendesak manajemen tim segera mendatangkan Turan. Resmi bergabung dengan Barcelona, Turan langsung dihubungi oleh sang entrenador. Enrique menyempatkan diri menelepon Turan.

"Dia senang, akhirnya saya bergabung di Barcelona," ucap Turan menirukan pernyataan Enrique seraya berjanji bakal membayar lunas kepercayaan dari pelatih.

Arda Turan

Walau sudah meneken kontrak dengan Barcelona, terdapat klasul yang menyebut pemain 28 tahun itu bisa kembali dijual ke Atletico dengan potongan 10 persen. Pasalnya, keputusan merekrut Turan ditentukan oleh Presiden baru Barcelona yang bakal dipilih pada 18 Juli mendatang. "Saya kira itu tidak menimbulkan masalah. Saya tidak mau berpolemik dengan isu ini."

Manajemen raksasa Catalan itu merasa perlu mengikat Turan agar tidak diserebot oleh tim papan atas Eropa. Dua raksasa Inggris, Chelsea dan Manchester United disebut-sebut ikut dalam perburuan pemain 28 tahun itu.

Arda Turan saat diperkenalkan Barcelona kepada fans (LLUIS GENE / AFP)

Bekas pemain Galatasaray itu pun sementara harus menunda niat melakukan debut di Barcelona karena klub masih menjalani sanksi FIFA berupa embargo pemain. Kemungkinan besar, Turan mulai merumput bersama Barcelona pada Januari 2015 mendatang.

Dalam keterangan pers, Turan menegaskan siap bersaing memperebutkan tim inti. Intinya, Turan tidak masalah ditempatkan di posisi manapun. Dia juga tidak minder bermain dengan jajaran pemain terbaik. "Iniesta idola dan Messi pemain terbaik di dunia. dan saya akan menunjukkan siap Arda Turan," dia menegaskan.

(Rjp/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Arda Turan adalah pesepak bola profesional Turki yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Turki.
    Arda Turan adalah pesepak bola profesional Turki yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Turki.

    Arda Turan

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

Video Terkini