Sukses

Wenger: Cech Panaskan Kompetisi Kiper Arsenal Demi Tim Inti

Petr Cech menjadi satu pemain yang membetot perhatian publik di bursa transfer musim panas ini.

Liputan6.com, London - Petr Cech menjadi satu pemain yang membetot perhatian publik di bursa transfer musim panas ini. Ya, kiper yang didatangkan Chelsea satu dekade lalu itu membelot ke Arsenal, notabene merupakan tetangga Chelsea.

Minim waktu bermain di Chelsea musim lalu, membuat kiper dengan ciri khas topi rugby itu menerima tawaran dari Arsenal. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger percaya diri Cech mampu meningkatkan kualitas tim. Sektor pertahanan, terutama di bawah mistar menjadi perhatian The Profesor.

Kiper utama, Wojciech Szczesny yang selama ini menempati pos utama penjaga gawang Arsenal belum cukup apik. Dalam dua musim beruntun, kiper berpaspor Polandia itu total telah 63 kebobolan. Di musim 2015-16, Szczesny pun hanya mampu melakukan 3 kali clean-sheet. Berkaca dari catatan itu, perlu ada renovasi di posisi penjaga gawang.

Pilihan Wenger jatuh pada Cech. Kendati telah berumur, 33 tahun, Cech tampaknya memiliki pengalaman mumpuni. Dua musim lalu, di mana Cech masih menjadi kepercayaan Jose Mourinho, dia 24 kebobolan di 34 pertandingan. Jumlah clean-sheet mencapai 16 kali. Bahkan, edisi 2014-15, Cech yang cuma tampil di 7 pertandingan ternyata 5 kali tidak kemasukan.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/914151/original/4b83bba8a9ab107982b84fc7867abc36etr-cech-2.jpg

Sayang, Cech kalah bersaing dengan Thiabut Courtois hingga The Special One melepasnya ke Arsenal. Bagi Wenger, ternyata bukan perkara mudah mendatangkan kiper asal Republik Ceko itu. "Sebab kami juga memiliki dua kiper tangguh lainnya," kata pelatih berkebangsaan Prancis itu. Memang, selain memiliki Szczesny, David Ospina tercatat juga masih berstatus sebagai kiper Arsenal.

Terlepas dari situasi tidak menguntungkan bagi ketiga kiper Arsenal, Wenger percaya kedatangan Cech mampu meningkatkan iklim rivalitas tiga kiper itu yang nantinya bermuara pada prestasi The Gunners. "Saya kira Cech membuat mereka bisa tampil lebih baik," ucap Wenger.

Menilik dari segi prestasi, Cech memiliki prestasi lebih lengkap dibanding dua kiper Arsenal lainnya. Cech mengantarkan Chelsea juara Premier League musim 2005, 2006, 2010 dan 2015. Mantan kiper Rennes dan Sparta Praha itu juga meraih gelar Liga Champions musim 2012.

(Rjp/Win)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal

    Petr Cech

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea