Sukses

Cara Lorenzo Rebut Podium Satu MotoGP Jerman

Lorenzo start di belakang dua rider Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Liputan6.com, Sachsenring - Rider Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo bertekad melakukan start bagus di MotoGP Jerman, Sabtu 11 Juli 2015 akhir pekan ini. Lorenzo start dari posisi tiga.

The Spaniard menilai kalau start menjadi kunci utama meraih sukses di Grand Prix kali ini. Pasalnya dua pembalap di depannya merupakan duet Honda masing-masing Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Pada Kualifikasi yang digelar Sabtu kemarin, Lorenzo mencatatkan waktu 1 menit 20, 921 detik.

Dalam balapan kali ini, Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang bakal mengawali pacuan dari urutan lima besar. Rider asal Spanyol itu coba mempertahankan dominasi atas pesaing terdekatnya, Valentino Rossi. Dalam 5 seri terakhir, Lorenzo tidak pernah absen di atas podium. Empat di antaranya, dia tampil sebagai juara.

Duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bisa ramaikan Sirkuit Sentul (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Baris pertama sangat penting dengan ban pertama yang digunakan, Lorenzo mampu mencapai kecepatan ideal, "Terutama di bagian pertama balapan," kata Lorenzo sebagaimana dikutip dari Crash.

Pada seri sebelumnya MotoGP Belanda, Lorenzo tampil ciamik. Betapa tidak, dia mampu merebut podium tiga setelah start dari posisi 8. Kini, dengan posisi start lebih baik, joki 28 tahun itu coba mengulangi prestasi serupa. "Jadi hasil ini sangat penting dan spesial," kata Lorenzo. Lebih jauh, bagi Lorenzo, karakter mesin Honda cocok dengan karakter Sanchsenring. Itu membuat kompetitor lebih unggul.

Menyinggung Kualifikasi, Lorenzo kesulitan memakai ban pertama sehingga sulit mencatatkan putaran yang lebih bagus. "Tapi dengan ban kedua,di lap saya bisa tampil sempurna."

Jorge Lorenzo

Berkaca dari klasemen pembalap, Lorenzo menempati peringkat kedua mengoleksi 153 poin. Lorenzo bersaing ketat dengan rekan setim, Valentino Rossi terpaut 10 poin yang memuncaki klasemen.

Pada balapan nanti, Lorenzo memprediksi Marquez mampu tampil cepat. Tapi dia merasa kecepatannya dengan Pedrosa dan Rossi masih sama-sama. Sebelum lap pemanasan, tim bakal melakukan setingan motor untuk mencapai waktu ideal. "1 menit 21 detik (di setiap lap)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.