Sukses

Kehilangan Sosok Ayah, Performa Van Persie di MU Terjun Bebas

Sir Alex Ferguson sudah seperti ayah bagi Robin van Persie.

Liputan6.com, Istanbul - Di penghujung bursa transfer musim 2012-13, Manchester United mendatangkan penyerang Arsenal, Robin van Persie, yang saat itu usianya sudah 29 tahun dengan mahar sebesar 22,5 juta pound, atau setara dengan Rp 464 miliar.

Transfer tersebut sungguh mengejutkan. Pasalnya, manajer legendaris Setan Merah (sebutan MU), Sir Alex Ferguson tidak terbiasa mendatangkan pemain yang usianya hampir menginjak kepala tiga.

Pada musim pertamanya di Old Trafford, striker Timnas Belanda itu membuat fans MU tersenyum. Dia berhasil mempersembahkan gelar ke-20 Liga Premier Inggris untuk Setan Merah. Selain itu, dia juga menjadi top skor dengan mencetak 26 gol.

Robin Van Persie tercatat sebagai pemain Liga Premier Inggris dengan pendapatan paling tinggi.

Performa Van Persie menurun di musim kedua bersama Setan Merah, atau lebih tepatnya ketika Ferguson memutuskan untuk pensiun dari dunia kepelatihan. Pensiunnya pria asal Skotlandia itu membuat Van Persie seperti kehilangan sosok ayah.

Hasilnya pada musim 2013-14, ketika MU dilatih David Moyes, dia gagal bersinar dan hanya mampu mencetak 12 gol dari 21 penampilan di Liga Premier Inggris. Bahkan, akurasi sepakannya dari 80 persen menurun hingga 77 persen.

Bersambung ke halaman selanjutnya --->


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Bangkit

Van Persie punya asa untuk bangkit dari keterpurukan setelah manajemen menunjuk mantan pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal sebagai arsitek baru Setan Merah usai Piala Dunia 2014.

Dia sangat senang Van Gaal melatih Setan Merah untuk tiga tahun kedepan. Pasalnya, Van Persie dan manajer berusia 63 tahun itu menjalani kesuksesan di Piala Dunia 2014 dengan mengantarkan Belanda finis di posisi ketiga.

Namun harapan itu sirna ketika cedera mulai menghampirinya. Banyak mengalami masalah pada kakinya, membuat Van Persie tidak bisa bangkit.

Robin van Persie

Pada musim 2014-2015, pria yang kini berusia 31 tahun tersebut hanya mampu mencetak 10 gol dari 27 penampilan di Liga Premier Inggris. Mantan kapten Arsenal itu hanya mencetak dua assists.

Dua tahun performanya menurun membuat MU mempunyai niat busuk untuk membuangnya. Fenerbahce mengambil kesempatan tersebut. Akhir pekan lalu, Van Persie telah melakukan tes medis dan merasa sangat senang bisa dihargai oleh raksasa asal Turki tersebut, (Cak)

Berikut grafik Robin van Persie selama 3 musim bersama Manchester United:
Statistik


Baca juga:

Muller Susul Schweinsteiger ke Manchester United?

Marquez Juara Lima Kali Beruntun GP Jerman, Rossi Posisi Ketiga

Rossi Pasrah Honda Selalu Unggul di MotoGP Jerman

Bintang PSG Buka Pintu Gabung Juventus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini