Sukses

Setahun di Old Trafford, Van Gaal Sudah Kuras Kas MU Rp 4 T

Sebanyak 9 pemain sukses didatangkan Van Gaal ke Old Trafford.

Liputan6.com, Manchester - Semenjak kedatangan Van Gaal pada 2014, Manchester United menjadi aktif di bursa transfer. Sejumlah pemain kelas dunia hadir di Old Trafford.

Tercatat, Van Gaal sudah menghabiskan dana sebesar sebesar Rp 4,1 triliun. Sebanyak 9 pemain sukses didatangkan Van Gaal ke Old Trafford.

Mereka adalah Angel Di Maria, Luke Shaw, Ander Herrera, Marcos Rojo, dan Daley Blind yang diboyong pada musim pertama Van Gaal di MU. Sedangkan pada musim ini, Van Gaal sudah memboyong Memphis Depay, Matteo Darmian, Bastian Schweinsteiger, dan Morgan Schneiderlin.

Lalu, berapakah harga para pemain tersebut?

1. Angel Di Maria

Angel Di Maria didatangkan oleh Manchester United dari Real madrid dengan mahar 59,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 1 triliun. Nilai ini menjadikan Di Maria sebagai pemain termahal Liga Premier Inggris.

Angel Di Maria

Namun, performa Di Maria pada musim pertama di MU kurang memuaskan. Pemain Timnas Argentina itu pun sering menghuni bangku cadangan MU. Ia hanya bermain 27 laga bersama United dan mencetak tiga gol.

2. Luke Shaw

Luke Shaw didatangkan oleh Manchester United dari Southampton dengan banderol 31,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 541 miliar. Saat itu MU menjadikan Luke Shaw anak muda terkaya di dunia.

Manchester United

Permainan di musim pertama cukup impresif. Namun, Shaw rentan dengan cidera. Bahkan bek berusia 20 tahun itu tidak bermain di sisa laga yang dimainkan MU musim lalu. Total ia hanya bermain 16 laga bersama MU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Herrera dan Rojo

3. Ander Herrera

Ander Herrera didatangkan dari Athletic Bilbao dengan banderol 28,8 juta pounds atau sekitar Rp 519 miliar. Ia datang untuk mengisi lini tengah MU yang kurang tampil kreatif.

Datangnya Herrera menambah daya serang MU. Musim pertama di Old Trafford, Herrera sudah menampilkan performa yang bagus. Total bermain 26 penampilan bersama MU dan mencetak delapan gol serta empat assist.

4. Marcos Rojo

Rojo didatangkan MU dari Sporting Lisbon dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 288 miliar. Ia adalah pemain multifungsi. Musim lalu ia bermain di dua posisi bek kiri dan bek tengah.

Marcos Rojo (Telegraph)

Marcos Rojo bermain agresif dan tampil garang mengawal lini belakang MU. Total ia bermain 28 laga bersama MU dan mencetak satu gol.

5. Daley Blind

Pemain yang sebelumnya bermain untuk Ajax Amsterdam ini dibeli kubu MU senilai Rp 252 miliar. Dia bermain di lini tengah mendampingi Herrera mengawal musim lalu.

Daley Blind (SkySports.com)

Performanya juga tidak mengecewakan. Blind bermain sebanyak 28 penampilan dan mencetak dua gol serta tiga assist. Selain itu, Blind juga melakukan sukses passing dengan presentasi terbesar dibanding pemain MU lainnya 87,9.

3 dari 4 halaman

Depay dan Darmian

6. Memphis Depay

Memphis Depay direkrut MU dari PSV Eindhoven dengan banderol Rp 396 miliar pada musim ini. Musim lalu, Depay sukses membawa PSV menjuarai Eridivisie dan menyabet penghargaan sepatu emas.

Diharapkan Depay dapat secemerlang saat membela PSV. Musim lalu, Depay bermain sebanyak 36 kali dan mencetak 26 gol, serta 5 assist.

7. Matteo Darmian

Bek yang disebut sebagai penerus legenda Italia, Paolo Maldini, berhasil didaratkan oleh Manchester United dari Torino dengan banderol Rp 259 miliar. Pemain berusia 25 tahun ini akan mengisi lubang di posisi belakang MU pada musim depan.

Matteo Darmian (Manutd.com)

Pada musim lalu Darmian bermain 43 laga bersama Torino. Darmian mencetak empat gol serta empat assist.

4 dari 4 halaman

Schweinsteiger dan Schneiderlin

8. Bastian Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger akhirnya memutuskan hengkang setelah 17 tahun membela Bayern Munchen. Schweinsteiger memilih Manchester United sebagai pelabuhan selanjutnya.

Schweinsteiger dikontrak tiga musim dengan biaya transfer Rp 259 miliar. Pada musim lalu ia bermain sebanyak 26 penampilan bersama Muenchen dan mencetak lima gol dan delapan assist.

9. Morgan Schneiderlin

Morgan Schneiderlin didatangkan kubu The Red Devils dari Southampton dengan mahar Rp 505 miliar. Sebelum berseragam MU ia sudah bermain untuk The Saints selama tujuh musim.

Pemain baru MU, Morgan Schneiderlin

Dengan berlabuhnya Schneiderlin, MU kini memiliki banyak opsi gelandang pada musim depan. Musim lalu ia membela Southampton sebanyak 26 kali dengan mengemas 5 gol dan 1 assist. (Oleh: Dwitya Dhito)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini