Sukses

Begini Cara Manchester United Transfer Pemain

Manchester United benar-benar menggeliat di bursa transfer musim panas ini.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) benar-benar menggeliat di bursa transfer musim panas ini. Baru 18 hari bursa transfer musim panas dibuka, MU sudah mendapatkan empat pemain, yakni Memphis Depay, Morgan Schneiderlin, Matteo Darmian, dan Bastian Schweinsteiger.

Tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut terbilang sangat sukses di bursa transfer. Musim lalu, Setan Merah juga sukses mendapatkan pemain bintang sekelas Angel Di Maria, Daley Blind, Marcos Rojo, Victor Valdes, hingga Radamel Falcao.

Bagaimana MU bisa sangat 'mudah' mendapatkan pemain incarannya? Wakil Kepala Eksekutif Setan Merah, Ed Woodward, mengungkapkan cara MU mendapatkan pemain di bursa transfer.

Morgan Schneiderlin dan Bastian Schweinsteiger akan mengisi barisan tengah Manchester United. Sedangkan Matteo Darmian memperkuat lini pertahanan, AS,Rabu (15/7/2015). (REUTERS/Jason Redmond)

"Sebenarnya, hal seperti ini sangatlah mudah. Kami memiliki tim pencari bakat di banyak negara dan pasar utama. Tim pencari bakat selalu menonton pertandingan dan kami memiliki data yang besar untuk melakukan pembelian," papar Ed di laman resmi klub, Sabtu (18/7/2015).

Nantinya, ketua dari tim pencari bakat akan memberikan nilai kepada pemain berbakat yang dipantaunya. Setelah itu, tim pencari bakat bakal berdiskusi dengan manajer MU Louis van Gaal untuk menentukan pemain yang akan menjadi incaran Setan Merah.

"Louis van Gaal dan stafnya akan menganalisa lebih lanjut target yang sudah dinilai tim pencari bakat. Setelah itu, Van Gaal menetapkan targetnya. Biasanya ada lebih dari satu target untuk setiap posisi," Ed menjelaskan.

Bersambung ke halaman selanjutnya >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Jebolan University of Bristol tersebut mengungkapkan, Van Gaal selalu menyiapkan lebih dari satu pemain incarannya sebagai alternatif jika target utama gagal didapatkan.

"Anda harus menerima kenyataan jika target utama tidak bisa didapatkan. Jadi kami merencanakannya dengan melihat dua hingga tiga pemain," katanya.

Latihan pemain baru Manchester United

Lalu, apa pekerjaan Ed untuk MU? Ya, dia menemui agen pemain yang menjadi incaran Van Gaal. Ed bernegosiasi dan mengumbar janji agar pemain bidikan manajer asal Belanda itu mau bergabung ke Old Trafford.

"Yang saya lakukan adalah pergi bernegosiasi dan membuat penawaran dengan klub serta pemain. Memang terlihat sederhana, tapi dalam hal bernegosiasi tidak mudah," tutur pria berusia 43 tahun tersebut.

"Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam bernegosiasi. Biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama," dia menyambung.

Bersambung ke halaman selanjutnya >>

3 dari 3 halaman

Next

Setelah bursa transfer musim panas ditutup pada 1 September, tim pencari bakat MU kembali memantau pemain untuk ditambahkan dalam skuat Setan Merah di bursa transfer musim dingin atau Januari tahun depan.

"Setelah bursa transfer ditutup, tim pencari bakat bakal melihat wilayah yang menjadi kelemahan tim. Sementara manajer memiliki waktu empat bulan untuk bekerja dengan skuat sebelum Januari," Ed menjelaskan.

"Itulah yang dilakukan tim pencari bakat kami. Ini berlangsung tanpa henti karena kami selalu fokus mendatangkan pemain berikutnya," lanjut dia.

Memphis Depay yang baru direkrut Manchester United dari PSV Eindhoven menjalani latihan perdana bersama anggota tim MU di bawah pengawasan langsung sang pelatih, Louis van Gaal.. (www.manutd.com)

Pria berkebangsaan Inggris itu merasa senang dengan reaksi fans MU ketika manajemen telah mengumumkan pemain baru. Namun, fans Setan Merah biasanya selalu menanyakan kepada Ed: 'Siapa lagi yang bakal bergabung?'

"Saya benar-benar selaras dengan fans. Ketika kami memberitahu mereka sudah mendatangkan pemain, fans selalu bahagia. Tapi setelah itu, mereka bertanya: Siapa berikutnya?" Ed mengakhiri. (Cak/Bog)

Baca juga:

Air Mata Berbalut Rasa Iri Casillas Setelah Diusir Madrid

6 Pemain yang Nyaris Gabung Manchester United

3 Lintasan Ini Bikin Valentino Rossi Ketakutan

Totti: Real Madrid Tim yang Memalukan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.