Sukses

Cech Masuk Sejarah Kiper Hebat Premier League

Kiper yang melekat dengan The Blues, Chelsea itu memilih menyebrang ke tetangga, Arsenal.

Liputan6.com, London - Petr Cech menjadi pemain yang ikut disorot pada bursa transfer musim panas ini. Kiper yang melekat dengan The Blues, Chelsea itu memilih menyebrang ke tetangga, Arsenal.

Kehilangan jam terbang bersama Chelsea musim lalu, akhirnya membawa kiper yang gemar bertopi rugby itu menuju pintu keluar Stamford Bridge. Faktor usia mungkin menjadi pertimbangan utama Chelsea melepas Cech. Tapi sejatinya, Chelsea harus siap-siap kecewa kalau Cech menjadi bintang di musim 2015-16.

Dan jangan heran kalau Cech menjadi kiper yang disegani di kancah Premier League. Dan, memperkokoh barisan pertahanan Arsenal. Dari daftar OptaJoe, kiper 33 tahun itu sebenarnya termasuk dalam daftar jajaran kiper top di panggung Premier League sepanjang masa.

https://pbs.twimg.com/media/CJ81vgrWgAAlcO8.png:large

Cech menempati urutan kedua kiper yang mampu melakukan clean-sheet terbanyak. Cech membukukan 162 kali clean-sheet alias tidak kebobolan. Selisih 7 kali dari kiper legendaris Inggris, David James yang melakukan 169 clean-sheet. Sampai sekarang, mantan kiper Timnas Inggris itu mengantongi clean-sheet terbanyak di Premier League.

Cech, yang pernah bermain pemain Sparta Praha dan Rennes itu masih menggungguli dua kiper legendaris MU, Edwin Van der Sar (132 kali) dan Peter Schmeichel (128 kali). Pemain berpostur 196cm itu telah memperkuat Chelsea sejak 2004. Hampir satu dekade di Chelsea, tidak berlebihan kalau Cech bisa disebut pemain legendaris London Biru.

Resmi bergabung Arsenal, motivasi Cech berlipat ganda. Dari pernyataanya, jelas kalau Cech juga membuat perhitungan dengan Chelsea, klub yang telah membuangnya. "Ketika Arsene Wenger berkata kepadaku mengenai ambisinya untuk klub dan bagaimana dia melihatku sebagai bagian dari tim ini, keputusan saya jelas," ucap Cech.

Cech telah melakoni debut di Arsenal ketika menjalani tur pramusim di Singapura. Tentu, fan Arsenal di seluruh dunia kini menanti aksi pemain yang piawai bermain drum itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal

    Petr Cech