Sukses

Januzaj dan Lingard Gemilang, MU Terkam Barcelona

Gol pembuka kemenangan MU dicetak Wayne Rooney.

Liputan6.com, San Francisco- Manchester United masih sempurna di turnamen pramusim International Champions Cup 2015. Di laga ketiganya, Setan Merah sukses menghantam jawara Eropa Barcelona 3-1 di Stadion Levi's, Minggu (26/7/2015) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat MU memuncaki klasemen ICC 2015 di Amerika Utara dengan poin sembilan. Sedangkan Barcelona berada di posisi lima karena baru mendapat tiga poin.

Pada laga kali ini, manajer MU Louis van Gaal hanya melakukan satu perubahan dalam komposisi pemain yakni kiper David de Gea. 10 pemain lain merupakan starter di dua laga MU sebelumnya. Sedangkan Barcelona mengandalkan Andres Iniesta dan Luis Suarez.

Jalannya Pertandingan

Barcelona mengambil inisiatif penyerangan begitu laga dimulai. Blaugrana harusnya bisa unggul cepat pada menit ketiga. Sayangnya tendangan bebas Suarez masih membentur tiang gawang meski De Gea sudah mati langkah.

Dua menit kemudian Barcelona kembali mengancam. Umpan terobosan Suarez membuat Sergi Roberto berhadapan langsung dengan De Gea. Sial bagi Barca, tendangan Roberto bisa ditangkap oleh De Gea.

Justru MU yang bisa unggul lebih dulu pada peluang emas pertama mereka di menit delapan. Sepak pojok Ashley Young ditanduk oleh Wayne Rooney yang lolos dari kawalan Adriano Coreira.

Rooney merayakan gol yang dicetak ke gawang Barcelona (Liputan6.com/AFP)

Setelah itu Barcelona mengurung MU. Tapi mereka kesulitan menciptakan peluang akibat absennya Lionel Messi dan Neymar.

Serangan balik MU malah hampir membuahkan gol kedua pada menit 27. Sepakan keras Young dengan gemilang dihalau oleh Marc Andre Ter Stegen.

Keberuntungan tampak sedang menjauhi Barcelona. Tendangan keras Suarez yang sudah gagal dijangkau De Gea lagi-lagi mengantam tiang gawang pada menit 42.

Selang semenit kemudian, peluang Barca kembali terbuang percuma. Umpan tarik Pedro yang disontek Suarez masih dapat diamankan dengan baik oleh De Gea.

Simak Ulasan Babak Kedua di Halaman Berikutnya

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Barcelona mencoba meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Ivan Rakitic dimasukkan Luis Enrique guna menambah daya gedor.

Barcelona sempat mencetak gol di menit 61 melalui tembakan akurat Suarez. Sayangnya gol ini dianulir wasit karena Suarez telah terlebih dulu berada dalam posisi off-side.

Di pertengahan babak kedua, MU mengganti 11 pemainnya. Kali ini lebih banyak pemain muda yang turun. Keputusan ini terbukti tepat. Baru dua menit berada di lapangan Jesse Lingard berhasil menggandakan skor di menit 65. Lingard menyontek umpan tarik bek Tyler Blackett.

Selebrasi Jesse Lingard (AFP/Liputan6.com)

MU seharusnya bisa menambah keunggulan dua menit kemudian. Adnan Januzaj lepas dari kawalan pertahanan Barcelona. Akan tetapi sepakan Januzaj masih melebar tipis dari gawang Barcelona.

Barcelona benar-benar sedang sial. Pada menit 72, peluang mereka kembali digagalkan tiang gawang. Kali ini sundulan Munir El Haddadi yang mentok tiang gawang. Kesempatan lainnya lewat sepakan Alen Halilovic bisa diblok pemain MU.

El Barca akhirnya bisa membobol gawang MU. Rafinha memperkecil ketertiggalan pada menit 89. Umpan silang Roberto disambar Rafinha dengan tendangan voli keras yang tak kuasa dibendung Sam Johnstone.

Namun MU tak memberi ampun. Semenit kemudan Setan Merah memastikan kemenangan dengan skor 3-1. Kesalahan Marc Bartra yang terpeleset membuat Januzaj dengan mudah menceploskan bole ke gawang Jordi Masip meneruskan umpan akurat Lingard.

Susunan Pemain:

MU: De Gea (Johnstone), Darmian (Valencia), Jones (Smalling), Blind (McNair), Shaw (Blackett), Carrick (Lingard), Schneiderlin (Herrera), Mata (Fellaini), Young (Januzaj), Memphis (Wilson), Rooney (Pereira)

Barcelona: Ter Stegen (Masip), Pique (Bartra), Vermaelen (Mathieu), Adriano (Rakitic), Alba, Busquets (Halilovic), Iniesta (Gerard), Roberto, Pedro (Sandro), Rafinha, Suarez (Munir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.