Sukses

Terapi Khusus Mata Ternyata Punya Andil Bagi Sukses MU

Metode itu diperkenalkan oleh Profesor Gail Stephenson, yang tutup usia tiga pekan lalu.

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United, Gary Neville mengungkap cerita bahwa para pemain 'Setan Merah' bisa melakukan pemanasan mata jelang turun bertanding. Mereka mengasah ketajaman penglihatan demi meningkatkan respon ketika bermain.

Dijelaskan Neville, cara tersebut dilakukan ketika MU masih dipegang Sir Alex Ferguson. Manajer asal Skotlandia itu dibantu oleh Profesor Gail Stephenson dari University of Liverpool.

Wanita yang baru saja meninggal dunia pekan kemarin itu, punya sejumlah program untuk membantu pemain meningkatkan kemampuan penglihatan 3 dimensinya. Beberapa waktu lalu, sebelum meninggal, Stephenson sempat membeberkan seberapa penting kualitas penglihatan bagi para pesepakbola.

"Dalam sepakbola, meningkatkan cara pemain menggunakan penglihatannya sama saja dengan meningkatkan cara mereka menerima informasi secara cepat," kata Stephenson.

"Setidaknya 80 persen informasi itu bakal digunakan untuk mengambil keputusan. Lebih cepat mata kita menyerap informasi, maka permainan akan semakin efektif," sambungnya.

Dari keterangan Neville, Stephenson sosok yang paling keras menentang penggunaan kostum warna abu-abu oleh MU pada 1996 silam. Menurutnya, warna itu membuat pemain kesulitan mengidentifikasi rekan setimnya.

MU memberikan penghormatan atas meninggalnya Stephenson dengan memakai pita hitam di lengan mereka saat tampil melawan San Jose Earthquakes di laga pramusim.

(Rama Dani/Rejdo Prahananda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United