Sukses

Platini Maju Sebagai Calon Presiden FIFA

Liputan6.com, Paris - Presiden UEFA Michel Platini resmi mengumumkan pencalonannya sebagai calon presiden FIFA. Pemilihan orang nomor satu di otoritas sepak bola dunia itu akan diadakan pada Kongres Luar Biasa, 26 Februari 2016.

Sebelumnya, spekulasi terus merebak siapa yang bakal menjadi Presiden FIFA berikutnya setelah Sepp Blatter mengumumkan pengunduran dirinya usai terpilih kembali. Ia mundur karena skandal korupsi yang berujung ditangkapnya sembilan pejabat FIFA pada Mei lalu.

REFORMASI - Platini berharap adanya reformasi besar-besaran di tubuh FIFA. ( REUTERS/Ruben Sprich)

"Ini adalah keputusan yang sangat pribadi dan sudah dipertimbangkan secara masak-masak. Di mana saya mempertimbangkan masa depan sepak bola bersama masa depan saya sendiri," kata Platini dalam surat pengajuan dirinya kepada 209 federasi sepak bola di seluruh dunia seperti dilansir Soccerway, Rabu (29/7/2015).

"Selama setengah abad terakhir, FIFA hanya memiliki dua orang presiden. Ini menjadi semacam paradoks di tengah dunia yang telah mengalami pergolakan radikal dan di dalam olahraga yang mengalami perubahan ekonomi secara drastis."

"Namun, beberapa peristiwa terakhir memaksa para petinggi organisasi sepak bola dunia untuk membuka lembaran baru dan berpikir ulang tentang pemerintahannya," ucap Platini.

Michel Platini (FABRICE COFFRINI / AFP)

Mantan pemain Timnas Prancis ini berharap pencalonannya mendapat dukungan. "Saya memohon dukungan Anda dan siapapun yang mencintai sepak bola, sehingga kita secara bersama-sama menjadikan FIFA seperti yang diinginkan jutaan fans: FIFA yang menjadi contoh persatuan dan dihargai," ujar Platini.

Sejauh ini, Platini dikabarkan telah memperoleh dukungan dari Eropa, Amerika Selatan (CONMEBOL), Utara, Amerika Tengah dan Karibia (CONCACAF), serta Asia (AFC). (Bog/Ian)

Baca Juga:

Pemain Baru MU Disamakan dengan Roberto Carlos

5 Pesepak Bola dengan Kemampuan Khusus dan Unik

7 Bocah Ajaib yang Dijuluki 'The Next Messi'

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini