Sukses

Van Gaal Bocorkan Formasi MU di Liga Premier 2015-16

Pada bursa transfer musim panas ini, Louis van Gaal telah mendatangkan lima pemain baru ke dalam skuat Manchester United.

Liputan6.com, Manchester - Pada bursa transfer musim panas ini, Louis van Gaal telah mendatangkan lima pemain baru ke dalam skuat Manchester United, yakni Bastian Schweinsteiger, Morgan Schneiderlin, Memphis Depay, Matteo Darmian dan Sergio Romero.

Klub yang berjuluk Setan Merah itu akan menghadapi Tottenham Hotspur di Old Trafford Stadium pada laga perdana Liga Premier Inggris, 8 Agustus mendatang. Jelang pertandingan tersebut, Van Gaal memeras otaknya.

Manchester United Vs Swansea City (REUTERS/Darren Staples)

Pasalnya, pria berusia 63 tahun tersebut tidak mau terjatuh di lubang yang sama ketika MU kalah 1-2 dari Swansea City pada laga pertama Liga Premier Inggris musim lalu.

Ketika kalah dari Swansea, 16 Agustus 2014, Van Gaal menerapkan formasi 3-5-2. Taktik yang mengandalkan ball possession untuk melakukan serangan itu tidak terlalu cocok untuk Wayne Rooney dan kawan-kawan. Sebab, mereka sudah terbiasa dengan permainan yang mengandalkan kecepatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Formasi MU

Pada tur pramusim di Amerika Serikat, Van Gaal sempat mencoba taktik 4-2-3-1. Dia memasang Rooney sebagai penyerang tunggal. Sedangkan Depay berada di tengah-tengah dua pemain yang berposisi sebagai winger.

"Ada gelandang di belakang striker tidak terlalu buruk. Sebab, saya pikir, Anda memerlukan variasi dalam melakukan serangan," ucap mantan pelatih Timnas Belanda tersebut, dikutip dari Standard.

"Saya suka itu (formasi 4-2-3-1), terutama permainan dari Depay. Saya juga bisa menempatkan Carrick atau Schweinsteiger atau Schneiderlin (di belakang striker), tapi yang pasti lebih banyak Depay di posisi itu. Tapi, itu tergantung pada lawan kami," dia menambahkan.

Penyerang MU, Wayne Rooney (kiri) berebut bola dengan bek PSG Marquinhos pada pertandingan International Champion Cup di stadion soldier, Chicago, AS, Kamis (30/7/2015). PSG menang dengan skor 2-0 atas Manchester United.  (Reuters/Mike diNovo)

Lebih lanjut, Van Gaal membeberkan formasi yang lebih dominan bakal diterapkannya untuk pasukan Setan Merah di Liga Premier Inggris musim depan. Formasi ini sudah biasa dimainkan MU pada musim lalu

"Akan lebih banyak bermain dengan 4-3-3. Kami sudah bermain dengan formasi ini pada musim lalu. Ini adalah sistem yang ingin saya gunakan," Van Gaal menutup. (Cak/Ary)

Baca juga:

Siapa Lebih Pantas Jadi Kiper MU, Romero atau De Gea?

Mourinho Konfirmasi Telah Kehilangan Bintang Chelsea

Paham Strategi MU, Real Madrid Segera Dapatkan De Gea

Performa Jelek, Di Maria Pantas Dibuang MU?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.