Sukses

Kemenpora Tidak Beri Lampu Hijau Rencana PSSI Gelar Kompetisi

Menurut Gatot, PSSI harus menghormati proses hukum di PTUN di mana Kemenpora sudah banding.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana PSSI untuk memutar kembali kompetisi di bawah PT Liga Indonesia ditanggapi dingin oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan, PSSI belum bisa menggelar kompetisi selama belum In Kracht atau keputusan tetap dengan lembaga yang dipimpin Imam Nahrawi tersebut.

PSSI bakal menggelar rapat exco pada 3 Agustus 2015 untuk membicarakan rencana untuk menggelar kompetisi dan turnamen pra-musim. Untuk kompetisi Indonesia Super League dan Divisi Utama diharapkan PSSI bisa bergulir pada Oktober 2015.

Sebelumnya, putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) meminta supaya Surat Keputusan Pembekuan PSSI segera dicabut oleh Kemenpora. Namun, pihak Kemenpora sendiri sudah mengajukan banding atas putusan PTUN tersebut.  

"Ya tidak bisa (rencana PSSI menggelar kompetisi), karena belum ada In Kracht. Kemenpora juga kan masih mengajukan banding atas putusan PTUN," jelas Gatot saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (31/7/2015).

"Ini bukan masalah kami izinkan atau tidak, karena izin sepenuhnya di tangan kepolisian. Kalau sudah In Kracht, atau kami cabut SK Pembekuan PSSI, baru PSSI bisa kembali menggelar kompetisi," lanjutnya.

Gatot percaya PSSI tidak akan memaksakan diri untuk tetap memutar kompetisi ISL dan Divisi Utama sebelum In Kracht. Sebab menurut Gatot, kedua belah pihak harus menghormati proses hukum yang sedang berlangsung di PTUN.

"Kami percaya PSSI paham hukum dan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung di PTUN. Kami berharap PSSI tidak menggulirkan kompetisi selama belum In Kracht atau Kemenpora mencabut SK Pembekuan," paparnya. (Win/Ary)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.