Sukses

Simak 6 Sejarah Menarik Community Shield

Community Shield adalah pertandingan sepak bola tahunan di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Minggu (2/8/2015), juara Liga Premier Inggris musim lalu, Chelsea akan menantang pemenang FA Cup 2014-15, Arsenal dalam ajang Community Shield. Pertandingan tersebut menandai Liga Premier Inggris 2015-16 akan segera dimulai.

Community Shield adalah pertandingan sepak bola tahunan di Inggris yang mempertemukan juara Liga Inggris dengan juara Piala FA. Jika juara Liga Inggris juga memenangkan Piala FA maka runner-up liga akan menjadi lawan dari juara liga.

Piala Community Shield (Via: news.ycw.com)

Ajang ini mulai diadakan sejak tahun 1908-1909 dengan nama awal Charity Shield. Menariknya, setiap keuntungan yang didapat pada ajang ini akan disumbangkan ke lembaga sosial di Inggris.

Manchester United merupakan tim Inggris yang paling banyak menjuarai Community Shield, yakni sebanyak 20 kali. Sejauh ini, sudah ada 25 tim yang tercatat pernah memenangkan ajang yang diadakan oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Community Shield

Sejarah Community Shield

1. Manchester United mencetak skor terbesar di ajang Community Shield pada tahun 1911. Setan Merah (sebutan MU) menang 8-4 atas Swindon Town.

Manchester United's players celebrate the Community Shield as win the football game on penalties during the FA Community Shield between MU and Portsmouth at Wembley Stadium on August 10, 2008. AFP PHOTO/IAN KINGTON

2. Pada tahun 1967, kiper Tottenham Hotspur, Pat Jennings mencetak gol terjauh di ajang ini. Dia mencetak gol dari kotak penaltinya sendiri ke gawang MU di Old Trafford Stadium. Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-3. Spurs dan MU dinobatkan sebagai juara bersama Community Shield.

3. Mulai tahun 1974, Community Shield digulirkan di Wembley Stadium dan sudah tidak ada lagi juara bersama. Tahun itu, Liverpool mengalahkan Leeds United dengan skor 6-5 dalam drama adu penalti. Di waktu normal, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1. Pertandingan itu disaksikan 67 ribu penonton.

4. Pada tahun 1992, drama tujuh gol terjadi ketika Leeds United menang 4-3 atas Liverpool. Eric Cantona mencetak tiga gol di laga tersebut. Semusim setelahnya, Cantona menjadi pemain Manchester United berkat tampil bagus di Community Shield.

Gaya Eric Cantona sebagai pelatih tim sepakbola pantai Prancis pada sebuah pertandingan di Marseille, 27 Juni 2010. AFP PHOTO/VINCENT BEAUME

5. Everton pernah memenangkan Community Shield dalam empat tahun berturut-turut, yakni tahun 1984 hingga 1987.

6. Leicester City dan Brighton & Hove Albion adalah dua klub yang pernah memenangkan Community Shield tanpa menjuarai Piala FA atau Liga Premier. Leicester merupakan juara Divisi II dan Brighton sebagai juara Liga Selatan. (Cak/Tho)

Baca juga:

Siapa Lebih Pantas Jadi Kiper MU, Romero atau De Gea?

Mourinho Konfirmasi Telah Kehilangan Bintang Chelsea

Paham Strategi MU, Real Madrid Segera Dapatkan De Gea

Performa Jelek, Di Maria Pantas Dibuang MU?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini