Sukses

Blatter Mundur dari Komite Olimpiade Internasional

Sepp Blatter tidak pantas mencalonkan diri kembali dalam pemilihan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Presiden FIFA Sepp Blatter memutuskan melepaskan jabatannya sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC). Blatter mundur lantaran sebentar lagi akan mengakhiri kekuasaannya di otoritas sepak bola dunia itu.

Blatter merupakan salah satu dari delapan anggota IOC yang berusaha terpilih kembali pada pertemuan di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (3/8/2015). Presiden IOC Thomas Bach mengatakan Blatter tidak pantas mencalonkan diri kembali untuk periode jabatan delapan tahun berikutnya. Blatter, yang menjadi anggota IOC sejak 1999, tidak menghadiri pertemuan di Kuala Lumpur ini

Sepp Blatter meninggalkan panggung jumpa pers. (Reuters/Ruben Sprich)

 

"Mr Blatter menulis surat pada 23 Juli memberitahu saya bahwa tidak pantas untuk menjabat delapan tahun lagi karena ia pensiun dari posisinya di FIFA tujuh bulan ke depan ketika presiden baru akan dipilih pada 26 Februari (2016)," kata Bach seperti dinukil dari Yahoo Sports.

Blatter terpilih kembali menjadi Presiden FIFA untuk kali kelima dalam pemilihan di Zurich, 29 Mei lalu. Namun empat hari kemudian, dia mengumumkan bakal mengundurkan diri menyusul krisis yang melanda FIFA.

Simon Brodkin Sindir Blatter (AFP)

Seperti diberitakan sebelumnya, dua hari jelang pemilihan Presiden FIFA, sebanyak 14 orang, sembilan di antaranya pejabat FIFA ditangkap Kejaksaan Agung Amerika Serikat atas tuduhan penyuapan, pencucian uang, dan penipuan. Meski Blatter belum dinyatakan terlibat dalam kasus tersebut, kepemimpinannya telah banyak dikritik. (Bog/Ian)

Baca Juga:

Ramos Beri Kode Maut Kepindahan De Gea ke Madrid

Beda Sanchez dan CR7 Menurut Ozil

[Blind: Ucapan Van Gaal Selalu Benar](2284088 ""

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini