Sukses

Rating Arsenal vs Chelsea: Cech Memukau, Chamberlain Fantastis

Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol tunggal kemenangan Arsenal atas Chelsea.

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal membuka musim kompetisi 2015/16 dengan manis. Meriam London berhasil menggondol trofi Community Shield, ajang pembuka Liga Inggris, usai mengalahkan Chelsea 1-0.

Bermain di Stadion Wembley, Minggu (2/8/2015), skuat asuhan Arsene Wenger itu tampil perkasa. Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol tunggal kemenangan Arsenal atas Chelsea.

Gelandang Arsenal, Oxlade Chamberlain melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan FA Community Shield di Wembley Stadium, Minggu (2/8/2015). Arsenal menang atas Chelsea dengan skor 1-0. (Reuters/Darren Staples)
Kemenangan ini sangat berarti bagi Wenger. Sebab, ini merupakan kali pertama manajer asal Prancis itu mampu memenangi laga melawan pasukan Jose Mourinho.

Kiper Arsenal, Petr Cech (ketiga kiri) berusaha menghalau bola dari kejaran bek Chelsea, Branislav Ivanovic pada pertandingan FA Community Shield di Wembley Stadium, Minggu (2/8/2015). Arsenal menang atas Chelsea dengan skor 1-0. (Reuters/Dylan Martinez)
Selain Chamberlain, kiper Arsenal Petr Cech menjadi bintang dalam laga itu. Cech sukses menghalau sejumlah serangan yang dilancarkan mantan klubnya, Chelsea.

Siapa pemain terbaik dalam laga itu, lihat statistiknya di halaman selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arsenal

1. Petr Cech - 7,5
Petr Cech, pemain ini sangat ditunggu performanya di bawah mistar Arsenal oleh para fans. Saat laga Community Shield ia berhasil menjinakkan mantan timnnya The Blues dan berhasil menjaga gawangnya tetap perawan hingga akhir laga.

Petr Cech
2. Hector Bellerin - 6,5
Pemain muda Arsenal, Bellerin, berhasil menjaga pertahanan sisi kanan Arsenal. Ia juga berhasil melumpuhkan pergerakan dari Eden Hazard. Sehingga pemain Chelsea itu sulit mengembangkan permainannya. Dia salah satu pemain kunci yang sukses membawa Arsenal menjadi jawara Community Shield musim ini.

3. Per Mertesacker - 6,5
Pemain asal Jerman ini bertandem dengan Laurent Koscielny. Ia berhasil menjaga lini pertahanan dari gempuran Eden Hazard cs. Dan hasilnya, Arsenal mengalami clean sheet pada ajang Community Shield.

4. Laurent Koscielny - 8
Bek asal Prancis, Laurent Koscielny tak kalah hebat mengawal lini belakang The Gunners. Dia berhasil membaca permainan dengan baik dan memiliki kecepatan untuk menahan penyerang Chelsea yang memiliki kecepatan.

5. Nacho Monreal - 6,5
Bek sayap milik Arsenal ini tampil impresif dan agresif saat jumpa Chelsea. Ia dapat membantu penyerangan dengan cepat melalui sisi kiri. Permainan sisi sayap Arsenal memang berjalan dengan baik dengan adanya Monreal di sisi kiri dan Bellerin di sisi kanan.

6. Francis Coquelin - 7
Pemain berposisi gelandang bertahan ini, mampu menampilkan permainan yang ciamik di lini tengah Arsenal. Ia mampu menjaga dan menjaga keseimbangan lini tengah yang dijaganya. Coquelin termasuk pemain penting yang mengantarkan The Gunners menjadi juara Community Shield.

Gelandang Arsenal, Alex Oxlade Chamberlain mengangkat trofi Community Shield di Wembley Stadium, Minggu (2/8/2015). Arsenal menang atas Chelsea dengan skor 1-0. (Reuters/Dylan Martinez)
7. Alex Oxlade-Chamberlain - 8
Chamberlain, dia berhasil menjadi pembeda di ajang Community Shield. ia berhasil mencetak gol tunggal saat menumbangkan Chelsea, Chamberlain juga menyabet pemain terbaik pada ajang Community Shield.

8. Aaron Ramsey - 7
Ramsey tampil baik bersama The Gunners saat berhadapan dengan Chelsea. Ia berada di mana-mana di wilayah tengah dan berhasil menjaga keseimbangan lini tengah Arsenal. Perannya saat melawan Chelsea sangat vital di ajang Community Shield.

9. Santi Cazorla - 6,5
Pada pertandingan Community Shield, pada awal pertandingan Cazorla bermain sangat lamban. Namun dengan tensi yang semakin tinggi, Cazorla mampu bermain impresif. Passing antarpemain berjalan sangat indah dan mampu memberikan teror kepada Chelsea.

10. Mesut Ozil - 6,5
Permainan Mesut Ozil bisa dibilang kurang memuaskan, ia tampil kurang kreatif saat jumpa Chelsea. Dia bermain sangat biasa dan tidak memberikan efek yang besar. Tetapi, Mesut Ozil tetap pemain penting bagi the Gunners saat meraih trofi Community Shield.

11. Theo Walcott - 6,5
Walcott adalah pemain dengan determinasi tinggi. Ia berhasil mengacak-acak sisi sayap Chelsea yang dijaga ketat oleh Branislav Ivanovic.

3 dari 3 halaman

Chelsea

1. Thibaut Courtois - 7,5
Thibaut Courtois bermain sangat gemilang. Meski, dia kecolongan satu gol saat babak pertama. Namun, penyelamatan-penyelamatan pentingnya membuat The Blues tak diberondong gol oleh The Gunners di ajang Community Shield.

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois (kiri) berusaha menangkap bola tendangan gelandang Arsenal, Santi Cazorla pada pertandingan FA Community Shield di Wembley Stadium, Minggu (2/8/2015). Arsenal menang atas Chelsea dengan skor 1-0. (Reuters/Dylan Martinez)
2. Branislav Ivanovic - 7
Permainan Ivanovic tidak usah dipertanyakan lagi. Pemain asal Serbia ini bermain sangat tegas dan lugas mengawal lini pertahanan The Blues. Dia berhasil membuat Theo Walcott sulit memasuki daerah pertahanan Chelsea. Ivanovic adalah salah satu pemain andalan Jose Mourinho di Chelsea.

3. Gary Cahill - 7
Gary Cahill, pemain asal Inggris ini mati-matian menjaga lini pertahanan Chelsea saat jumpa Arsenal di laga Community Shield. Ia berhasil mengagalkan sejumlah peluang yang dimiliki The Gunners dan sukses menjaga Chelsea dari keboboloan lebih dari satu.

4. John Terry - 6,5
Terry terlihat tidak terlalu menonjol dalam ajang Community Shield. Ia menampilkan permainan yang biasa saja. Saat Olivier Giroud masuk sebagai pemain pengganti. Terry mengalami kesulitan menjaga pemain asal Prancis tersebut.

5. Cesar Azpilicueta - 6
Bek kiri Chelsea, Azpilicueta, bermain di bawah performanya. Area yang dia jaga beberapa kali diacak-acak oleh Chamberlain. Bahkan, gol Chamberlain akibat Azpilicueta salah mengantisipasi pergerakan Chamberlain.

6. Nemanja Matic - 7,5
Gelandang bertahan Chelsea, Nemanja Matic, berhasil menjaga keseimbangan lini tengah Chelsea. Ia juga bermain sangat impresif. Ia mampu membantu penyerangan dengan baik dan mampu menjaga kedalaman dengan cukup baik pula.

7. Willian - 6,5
Willian, gelandang Brasil ini berhasil membuat para pemain Arsenal kewalahan. Kekuatan Willian memang di kecepatan. Ia berhasil membuat Monreal terus berlari. Namun, kekurangan Willian adalah terlalu sering berlama-lama dengan bola.

8. Eden Hazard - 7
Pada ajang Community Shield, Hazard gagal membuat gol setelah membuang beberapa peluang emas. Permainan Hazard di babak pertama memang kurang memuaskan. Namun, babak kedua ia berpindah posisi sebagai gelandang serang dan ia bermain cukup baik dan lebih sering meneror pertahanan The Gunners.

9. Ramires - 6
Pemain asal brasil, Ramires, gagal mengawal lini tengah dengan baik. Ia sering melakukan kesalahan-kesalahan tidak penting. Dia juga gagal mencetak gol saat mendapat kesempatan emas di pertengahan babak pertama.

Gelandang Chelsea,  Cesc Fabregas (kanan) berusaha melewati dua pemain Arsenal saat Laga Liga Premier Inggris di Emirates Stadium, Minggu (26/4/2015). Arsenal bermain imbang 0-0 atas Chelsea. (Reuters/Eddie Keogh)
10. Cesc Fabregas - 6,5
Mantan Pemain Arsenal, Cesc Fabregas, kurang bermain impresif saat menghadapi The Gunners di ajang Community Shield. Ia berposisi sebagai playmaker. Namun, ia sering melakukan salah umpan saat ingin mendistribusikan bola ke depan.

11. Loic Remy - 5
Penampilan Remy saat menghadapi Arsenal kurang memuaskan. Dia tampaknya kurang fit untuk laga Community Shield. Remy juga sering terkena jebakan offside di babak pertama. Akhirnya, pada babak kedua ia langsung digantikan oleh pemain anyar, Radamel Falcao. (Oleh: Dwitya Dhito)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.