Sukses

6 Pemain Era Ferguson yang Dibuang Van Gaal

Demi mewujudkan tim ideal pada eranya, manajer Manchester United Louis van Gaal membabat beberapa pemain lama era Sir Alex Ferguson.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United memiliki manajer legendaris yakni Sir Alex Ferguson. Melatih sejak tahun 1986 hingga 2013, masa-masa United bersama Ferguson adalah yang paling sukses dalam sejarah klub.

13 piala Liga Premier, lima trofi Piala FA hingga dua titel Liga Champions dipersembahkan oleh Fergie (sapaannya) bersama para pemainnya. Sayang, beberapa penggawa yang telah bersamanya harus rela terbuang dari skuat asuhan Louis van Gaal, manajer Setan Merah saat ini.

Pemain yang tak masuk rencana jangka panjang Van Gaal bukan hanya rekrutan United 2-3 musim belakangan. Bek tengah Nemanja Vidic, yang merumput lebih dari satu dekade pun ikut tergusur. Siapa saja mereka, Liputan6.com telah merangkumnya untuk pembaca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tom Claverley

Pensiunnya Paul Scholes sebelum musim 2011/2012 meninggalkan lubang di lini tengah Manchester United. Ferguson melihat kalau Cleverley seorang pemain yang potensial sebagai pengganti Scholes.

Reaksi dari gelandang Manchester United Tom Cleverley ketika MU bertemu Tottenham Hotspur dalam laga Liga Premier di Old Trafford, 22 Agustus 2011. AFP PHOTO/ANDREW YATES
Cleverley sempat dipinjamkan ke Leicester City, Watford, dan Wigan Athletic. Seiring kedatangan Ander Herrera, Ángel Di María, Daley Blind, Luke Shaw dan Radamel Falcao pada musim lalu, Cleverley tak memiliki tempat di dalam skuat inti asuhan Louis van Gaal.

Dia menutup karir di United sebagai pemain pinjaman Aston Villa. Pada 1 Juli 2015 lalu, seiring dengan kontraknya yang habis di Old Trafford, Cleverley bergabung dengan Everton.

3 dari 7 halaman

Robin van Persie

Pada 17 Agustus 2012 Robin van Persie ditransfer ke United dari Arsenal dengan nominal 22,5 juta pound atau lebih dari Rp 475 miliar dengan bonus 1,5 juta bila Setan Merah Mampu memenangkan Liga Premier dalam empat musim ke depan.

WAJIB - Manchester United harus membuang empat pemain ini jika ingin tampil lebih baik. (caughtoffside)

Dia memakai kostum bernomor punggung 20, Van Persie mempersembahkan titel Liga Premier ke-20 pada musim pertamanya.

Sayang, pada 14 Juli 2015 pemain internasional Belanda itu bergabung dengan Fenerbahce. Klub Liga Super Turki itu mengontraknya selama tiga tahun dengan biaya 3,84 juta poundsterling.

Penyerang Belanda, Robin Van Persie disambut pendukung Fenerbahce saat tiba di bandara Sabiha Gokcan, Istanbul, Turki, (12/7/2015). Kedatangan Van Persie untuk melakukan pembicaraan dengan klub asal Turki. (REUTERS/Osman Orsal)

4 dari 7 halaman

Rafael

Rafael Pereira da Silva resmi untuk bergabung dengan United pada 2008/2009 meski kesepakatan sudah terjadi pada 2007. Pasalnya, usia bek kiri asal Brasil itu belum genap 18 tahun.

Bersama Setan Merah, Rafael telah bermain sebanyak 109 kali di berbagai ajang dan menyumbangkan sedikitnya lima gol hingga musim lalu.

LEPAS - Manchester United melepas bek Rafael ke Lyon. (Guardian)

Namun, pada 3 Agustus 2015 lalu United lagi-lagi melepas pemain era Ferguson. Rafael dilepas ke klub Prancis, Lyon dengan mahar 2,10 juta pound.

5 dari 7 halaman

Nani

Pemain bernama lengkap Luís Carlos Almeida da Cunha ini datang ke Old Trafford pada 2007 dengan harga 17,85 juta pound dari Sporting Lisbon.

Sejak dilatih Ferguson, berbagai gelar telah dicicipinya. Mulai dari Liga Inggris selama empat kali, satu trofi Piala Liga, hingga Liga Champions pada 2007/2008.

Sayang, musim 2013/2014 Nani menghabiskan waktu untuk berjuang melawan cederanya serta berusaha menemukan performa terbaik. Sempat dipinjamkan ke klub lamanya Sporting sejak Agustus 2014, pada 6 Juli 2015 lalu Nani bergabung dengan Fenerbahce.

Luis Nani gabung Fenerbahce
Bersama eks-striker United, Robin van Persie, Nani tampil saat melawan Shakhtar Donetsk di putaran ketiga kualifikasi Liga Champions.

6 dari 7 halaman

Darren Fletcher

Fletcher merupakan salah satu jebolan akademi Manchester United yang merumput di Old Trafford lebih dari satu dekade. Kontrak profesional pertamanya dengan United terjadi pada 1 Juli 2001 usai sang pemain dipromosikan dari tim U-18 klub.

Selama berkostum Setan Merah, gelandang ini tak langsung bermain dengan tim inti. Baru pada musim 2003/2004 dirinya bisa masuk menjadi starting line-up tim asuhan Ferguson.

Darren Fletcher (Skysports)

Sejak 2003 hingga 2015, Fletcher tampil sebanyak 223 kali dan mencetak 18 gol. Sayang, pada musim dingin, tepatnya 2 Februari 2015 pemain internasional Skotlandia itu resmi hengkang ke West Bromwich Albion.

7 dari 7 halaman

Nemanja Vidic‎

Pada musim dingin 2005, United kedatangan bek tangguh asal Serbia Nemanja Vidic dari Spartak Moscow. Vidic dibeli seharga 7 juta pound dan tak sampai setahun dia mengangkat trofi pertamanya. Februari 2006, United mengalahkan Wigan Athletic di Piala Liga.

Di bawah asuhan Ferguson, pemain 33 tahun ini telah mencicipi berbagai gelar. Yang paling tinggi adalah titel juara Liga Champions 2007/2008 ketika terjadi All England Final, mengalahkan Chelsea.

Manchester United's Nemanja Vidic celebrates his goal during a Premier League match against Sunderland at Old Trafford in Manchester, on December 6, 2008. AFP PHOTO/IAN KINGTON

Pada 1 Juli 2014, Setan Merah kehilangan jenderal di lini belakang mereka karena Vidic menerima pinangan Inter Milan. Dia pindah dengan status free transfer alias gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.