Sukses

Menpora Siapkan Rp 3,2 Miliar untuk Tim Juara Piala Kemerdekaan

Enam kota akan menjadi tuan rumah turnamen ini, yaitu Solo, Medan, Serang, Bantul, Madiun, dan Cilegon.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Kemerdekaan akan resmi dimulai pada 15 Agustus 2015. Sebanyak 24 klub Divisi Utama Liga Indonesia akan mengikuti turnamen yang dihelat Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

Meski hanya sebagai turnamen pengisi tutupnya kompetisi, Tim Transisi Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) akan menyediakan menyediakan hadiah utama sebesar Rp 1,5 miliar untuk juaranya.

Hal ini dikatakan anggota kelompok kerja (pokja) Komunikasi Tim Transisi, Cheppy T Wartono. "Apa saja perintah presiden, kami akan siap. Masa kalau Presiden minta ditambah, kita tak punya duitnya," kata Cheppy di Jakarta.

Pada awalnya, Tim Transisi menyiapkan total dana Rp 1 miliar untuk juara pertama (Rp 500 juta), runner-up (Rp 300 juta), dan runner-up kedua (Rp 200 juta). Namun, usai pertemuan Menpora Imam Nahrawi dengan Presiden Joko Widodo pada Jumat siang, Jokowi meminta nominal hadiah agar bisa dinaikkan.

Juara pertama berhak atas hadiah senilai Rp 1,5 miliar, runner-up diganjar Rp 1 miliar, dan terakhir runner-up kedua mendapat Rp 750 juta. "Sebenarnya yang tadi didiskusikan (dengan presiden) adalah bagaimana membangun sepak bola ke depan," kata Cheppy.

Anggota DPR periode 2004-2009 dari fraksi PDI Perjuangan itu juga mengungkapkan ada usulan klub-klub Divisi Utama untuk memberikan intensif perbaikan stadion pasca turnamen. Enam kota akan menjadi tuan rumah turnamen ini, yaitu Solo, Medan, Serang, Bantul, Madiun, dan Cilegon.

"Ada usulan tentang stadion di daerah-daerah. Ini bisa dipikirkan Pak Menteri untuk menyediakan intensif stadion untuk klub yang memenangkan kompetisi," pungkas Cheppy. (Ris/Ary)

Baca Juga:
Ini Tim dan Jadwal Piala Kemerdekaan
Apa yang Dibawa Evan Dimas ke Spanyol?
Jelang Piala Presiden, Persib Gelar 3 Laga Uji Coba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini