Sukses

Barcelona vs Sevilla: Siapa Penguasa Eropa?

Barcelona datang ke laga ini dengan status sebagai jawara Liga Champions. Sementara Sevilla memenangi Liga Europa musim lalu.

Liputan6.com, Tbilisi - Barcelona akan bentrok dengan Sevilla pada laga Piala Super Eropa di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, Rabu (12/8/2015) dini hari WIB. Siapa yang akan dinobatkan sebagai penguasa Eropa?

Barcelona datang ke laga ini dengan status sebagai jawara Liga Champions. Sementara Sevilla memenangi Liga Europa musim lalu.

Lionel Messi dan kawan-kawan lebih diunggulkan pada laga ini. Sebab, dari 152 pertemuan, Barcelona unggul telak atas Sevilla.

Rinciannya, Barcelona meraih 80 kemenangan, Sevilla mengantongi 38 kemenangan. Sisanya yang berjumlah 34 laga berakhir imbang. Namun demikian, Pelatih Luis Enrique tidak peduli dengan status unggulan klubnya.

"Saya tidak peduli apakah tim kami favorit memenangkan pertandingan atau tidak. Kami akan menghadapi juara Liga Europa. Setiap piala adalah sebuah tantangan dan kami akan menangani ini dengan cara yang sama," ucap Enrique dilansir Inside Spanish Football.

"Sangat menarik bisa bermain di Piala Super Eropa. Kami sudah sadar, Barcelona harus bermain baik untuk meraih kemenangan," sambung pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

Bagi Enrique, laga melawan Sevilla bakal menjadi partai pemanasan sebelum Barcelona menghadapi Athletic Bilbao di ajang Piala Super Spanyol, tiga hari kemudian.

"Ini merupakan pertandingan resmi pertama kami setelah pramusim. Jelas, pertandingan melawan Sevilla merupakan tes yang bagus untuk melihat kemampuan kami," papar ahli susun formasi berusia 45 tahun tersebut.

"Barcelona sangat memahami kalau lawan kami (Sevilla) sangat tangguh. Selalu sulit untuk mengalahkan mereka," Enrique menutup.

Penyerang Barcelona, Luis Suarez melakukan selebrasi bersama pemain lainya usai mencetak gol pada laga International Champions Cup 2015 di Rose Bowl, California, Rabu (22/7/2015). Barcelona menang 2-1 atas LA Galaxy. (AFP PHOTO/Stephen Dunn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sevilla Siap Bikin Kejutan

Jelang pertandingan ini, Pelatih Sevilla, Unai Emery punya catatan buruk ketika berhadapan dengan Los Blaugrana (sebutan Barcelona). Emery sudah menghadapi Barcelona dalam 19 pertandingan dengan empat tim yang berbeda, yakni Almeria, Valencia, Spartak Moskow dan Sevilla.

Namun, ahli susun formasi berusia 43 tahun itu belum pernah meraih kemenangan melawan Barcelona. Emery kalah dari Los Blaugrana sebanyak 13 kali dan imbang 6 kali.

Meski mempunyai rekor negatif melawan tim yang bermarkas di Camp Nou Stadium, Emery tidak mau mengibarkan bendera putih sebelum perang. Dia ingin menghentikan rekor buruk tersebut.

"Kami harus menemukan kekurangan Barcelona, meskipun kami menyadari kalau hal itu sangat sedikit," imbuh nakhoda berkebangsaan Spanyol tersebut.

Menurut Emery, Jose Antonio Reyes dan kawan-kawan ingin menambah pundi-pundi kemenangan Sevilla atas Barcelona. "Sevilla memiliki kesempatan untuk memenangkan trofi di pertandingan pertama kami musim ini. Sudah sangat jelas, kalau itu adalah sebuah motivasi yang besar," papar Emery.

Mantan pelatih Spartak Moskow itu berjanji bakal memberikan kejutan untuk Barcelona. "Mereka merupakan tim favorit. Namun, kami memiliki keuntungan untuk memberikan kejutan," dia memaparkan.

"Jika berhasil meraih kemenangan, ini akan menjadi semangat yang besar dan menambah kepercayaan diri untuk mengarungi musim ini," Emery mengakhiri. (Jnp/Ary)

Sevilla Juara Liga Europa (reuters)

Baca Juga:

Beli Striker Bukan Prioritas Utama Manchester United

Statistik 7 Pemain Debutan Liga Premier Inggris, Siapa Terbaik?

8 Fakta Piala Super Eropa Barcelona vs Sevilla

Debut Buruk di Arsenal, Petr Cech "Pasang" Muka Cemberut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol
    Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol

    Sevilla

Video Terkini