Sukses

Barcelona Babak Belur di Markas Athletic Bilbao

Gawang Barcelona dibobol 4 kali dalam laga leg pertama Piala Super Spanyol.

Liputan6.com, Bilbao - Sebuah kejutan terjadi dalam pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol saat Athletic Bilbao menghajar Barcelona 4-0 di Stadion San Mames, Sabtu (15/8/2015) dini hari WIB.

Barcelona harus menerima kekalahan telak ini setelah mereka mencoba tampil secara berbeda. Gerard Pique, Jeremy Mathieu, dan Sergio Busquets tak diturunkan, sementara Javier Mascherano dipasang sebagai gelandang. Adapun Andres Iniesta dan Ivan Rakitic baru dimainkan di babak kedua.

Gol pertama Bilbao boleh jadi dapat membuat drop para pemain tim asuhan Luis Enrique. Tendangan hampir dari garis tengah lapangan yang dilakukan Mikel San Jose masuk ke gawang Barcelona pada menit ke-13, memanfaatkan posisi Marc-Andre Ter Stegen yang keluar dari sarangnya.

Skor 1-0 bertahan sampai turun minum. Skor ini membuat Bilbao lebih berani menekan Barcelona demi selisih gol lebih sedikit. Athletic Bilbao mampu menggandakan keunggulan di menit ke-53, ketika sundulan Aduriz meluncur ke gawang Blaugrana.

Aduriz lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-62. Gol Aduriz kali ini membuat Bilbao untuk sementara memimpin 3-0 atas Barcelona.

Pressing ketat yang dilakukan para pemain Bilbao membuat Lionel Messi Cs kerepotan. Barcelona sendiri malah kesulitan mengawal serangan dari Bilbao yang banyak dari sisi sayap.

Bilbao unggul 4-0 atas Barcelona ketika tendangan penalti Aduriz tak bisa dibendung Ter-Stegen. Hadiah penalti didapat Bilbao usai Dani Alves menjatuhkan Aymeric Laporte di kotak terlarang.

Hasrat bermain Barcelona sudah menurun ketika gawang mereka dibobol empat kali oleh Bilbao. Serangan-serangan tim besutan Luis Enrique juga tak lagi garang.

Barcelona pun harus mengakui kehebatan Bilbao setelah kalah 0-4 di leg pertama Piala Super Spanyol. Partai leg kedua akan dimainkan pada 18 Agustus 2015 di Camp Nou.

Susunan Pemain:

Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; Benat, San Jose; Susaeta (Boveda 85'), Eraso (Gurpegi 77'), Sabin (Inigo Lekue 66'); Aduriz

Barcelona: Ter Stegen; Dani Alves, Vermaelen, Bartra, Adriano; Sergi Roberto (Rakitic 60'), Mascherano, Rafinha (Iniesta 52'); Messi, Suarez, Pedro (Sandro Ramirez 72')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.