Sukses

Profil Barcelona: Alarm Benteng Rapuh "Azulgrana"

Di tiga pertandingan terakhir, Barcelona sudah kebobolan 9 gol.

Liputan6.com, Barcelona: Barcelona menyongsong musim baru La Liga 2015/16 dengan optimisme tinggi. Sempat berambisi sabet 6 gelar di 2015, sayangnya ambisi Barcelona dihadang Athletic Bilbao.

Klub asal Basque itu berhasil mencuri satu gelar yaitu Piala Super Spanyol usai kalahkan Barcelona 5-1. Yang mengkhawatirkan, penampilan Barcelona jelang musim baru La Liga bergulir cukup menyedihkan.

Meski menang 5-4 atas Sevilla pada Piala Super Eropa, Barcelona kebobolan 4 gol. Buruknya, Barcelona kebobolan banyak gol kala memimpin 4-1 kala itu. Laga pun harus ditentukan di perpanjangan waktu.

Barcelona vs Sevilla (REUTERS/Grigory Dukor)

Tiga hari kemudian, petaka dan kelemahan Barcelona mulai kentara. Athletic Bilbao bisa dengan mudah menghajar Barcelona 4 gol tanpa balas. Ada apa dengan Barcelona?

Ini jarang terjadi kepada Barcelona. Memang, di pertandingan itu, pelatih Barcelona Luis Enrique melakukan strategi aneh karena memasukkan pemain pelapis sebagai starter. Rafinha, Sergi Roberto dan Thomas Vermaelen langsung menjadi starter.

Ini menyiratkan jika kekuatan tim utama Barcelona dan pelapis belum merata. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Enrique. Mantan pelatih Celta Vigo itu juga harus putar otak untuk menambah benteng pertahanan yang keropos.

Pedro merupakan pemain spesial lantaran bisa menjadi pembeda dalam setiap pertandingan.

Menyambut musim baru, kekuatan Barcelona boleh dibilang tak bertambah. Malah kekuatan Barcelona berkurang karena beberapa pilar dipastikan hengkang seperti Pedro Rodriguez yang kini merapat ke Manchester City.

Barcelona sebelumnya kehilangan sang maestro, Xavi Hernandez yang memutuskan untuk pensiun dan hijrah ke Qatar. Memang, Barcelona mendapatkan pemain baru yaitu Aleix Vidal dan Arda Turan. Namun, pemain-pemain ini baru bisa bermain pada Januari mendatang.

Menjelang bergulirnya musim, Barcelona dihadapkan dengan penyakit Neymar dan sanksi larangan 4 laga yang diterima Gerard Pique saat laga leg kedua Piala Super Spanyol kontra Bilbao.

Uniknya, Barcelona bakal tandang ke San Mames, markas Bilbao di pekan pertama La Liga Spanyol. Tentu, ini menjadi tantangan tersendiri bagi "Azulgrana". Bisakah Barcelona atasi permasalahannya jelang menghadapi Bilbao nanti?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Klub

Data Klub:

BARCELONA

Julukan: Azulgrana

Tanggal Berdiri: 29 Nopember 1899

Trofi:

23 gelar La Liga

27 gelar Copa Del Rey

11  gelar Supercopa Espana

5 Liga Champions

3 gelar UEFA

4 gelar Piala Winners

5 Super Cup Eropa

2 FIFA World Cup Trophy

1 European Cup

Pelatih: Luis Enrique

Pemain Kunci: Lionel Messi

Transfer (in/out)    :
Masuk:Alex Vidal (Sevilla),Alex Song (West Ham),Afellay (Olympiacos),Arda Turan (Atletico Madrid)

Keluar:Xavi Hernandes (Al Sadd),Deulofeu (Everton),Montoya (Inter)

Rekor Transfer    :

Masuk:Arda Turan

Keluar:Gerard Deulofeu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini