Sukses

Pemain-pemain Tercerdas yang Warnai Premier League

West Ham bahkan memiliki lebih dari satu pemain tercerdas.

Liputan6.com, London - Dunia sepak bola tak jarang membuat para pemain kurang fokus pada dunia akademis mereka secara personal. Sepak bola membuat mereka mampu menghasilkan banyak uang, khususnya bagi para pemain yang berkarier di kompetisi-kompetisi bergengsi Eropa.

Namun, sejumlah pesepakbola ternyata punya kecerdasan special di dunia pendidikan, yang membuat mereka berprestasi bukan hanya di atas lapangan hijau. Sederet pemain ini mungkin patut dicontoh, karena memiliki kecerdasan.   

Wonderkid West Ham United, Reece Oxford, salah satu pemain yang berprestasi di bangku sekolah. Oxford adalah salah satu dari ribuan remaja di Inggris Raya yang akan mendapatkan hasil GCSE (General Certificate of Secondary Education) mereka hari ini.
 
GCSE adalah ijazah akademis yang khusus menilai berdasarkan mata pelajaran tertentu yang diperoleh melalui ujian kualifikasi. Ujian ini biasanya diambil oleh anak-anak berusia 15-16 tahun atau seusia siswa tahun terakhir SMP di negara Inggris, Wales, dan Irlandia Utara, serta di negara-negara yang merupakan bekas jajahan Britania Raya, seperti Australia dan Afrika Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lukaku Menguasai 5 Bahasa

Oxford, yang baru berusia 16 tahun, sebelumnya tampil mengesankan kala West Ham mengalahkan Arsenal 2-0 di Emirates Stadium. Oxford menjaga ketat Mesut Oezil sehingga bintang Timnas Jerman itu tak berkutik.

Namun, bukan West Ham saja klub yang memiliki pemain cerdas di skuatnya. Everton memiliki Romelu Lukaku sebagai pemain cerdas karena menguasai lima bahasa.

Lukaku bisa berbicara dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, dan Kongo. Untuk pemain yang baru berusia 22 tahun, kemampuan ini tentu saja terbilang spesial.
 
Kemudian, sebelumnya West Ham juga pernah memiliki pemain yang bergelar Magister Teknik. Adalah Iain Dowie yang merupakan pemain yang serius menekuni bangku kuliahnya.

Selain West Ham, Dowie juga pernah membela Southampton dan Crystal Palace. Saat masih aktif sebagai pemain, Dowie bahkan bekerja untuk British Aerospace. Usai gantung sepatu, Dowie kini menjadi komentator di Sky Sports News. (Win/Jnp)

Baca Juga:

Sederhana, WAGs Bintang MU Ternyata Penjaga Toko Sepatu

Transfernya Masih Gelap, De Bruyne Tetap Dijadikan Starter

Menanti Debut Di Maria Bersama PSG

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini