Sukses

Petinju Unik AS Resmi Daftar Jadi Warga Negara Rusia

Roy Jones Jr mengaku jatuh hati dengan negara Beruang Merah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Petinju legendaris Amerika Serikat Roy Jones Jr, resmi mengajukan diri menjadi warga negara Rusia. Mantan petinju yang dijuluki Superman itu mengaku jatuh hati kepada negara berjuluk Beruang Merah tersebut.

Keputusan Jones menjadi warga negara Rusia tentu tidak datang tiba-tiba. Seperti dilansir fightnews, petinju yang juga aktor dan penyanyi rap itu mulai mencintai Rusia setelah 11 kali melakukan kunjungan ke sana.

"Saya sudah 11 kali terbang ke Rusia, saya cinta negara ini," kata Jones. "Saya ingin menjadi anggota aktif masyarakat Rusia. Saya jatuh hati kepada kehidupan Rusia dan begitu sebaliknya. Saya yakin kewarganegaraan ganda saya nantinya akan membantu membangun jembatan antara Rusia dan  Amerika."

Penandatanganan formulir permohonan kewarganegaraan Jones Jr dilakukan di Yalta, Crimea. Acara ini dihadiri sekitar 100 wartawan yang antusias mengabadikannya.

Jones Jr selama ini dikenal sebagai petinju unik. Pria kelahiran 16 Januari 1969 itu merupakan satu-satunya petinju yang mengawali karir dari kelas menengah ringan (154 lbs) tapi mampu menjadi juara dunia kelas berat.

Dia menorehkan tinta emas setelah merebut gelar juara dunia kelas berat versi WBA usai mengalahkan John Ruiz, 1 Maret 2003. Ruiz merupakan petinju yang sukses mengalahkan juara dunia sebelumnya, Evander Holyfield.

Pertarungan ini menjadi sejarah baru di dunia tinju profesional. Sebab untuk kali pertama dalam 106 tahun, seorang pemegang juara dunia kelas menengah berhasil merebut gelar juara dunia kelas berat. Saat bertanding bobot Jones Jr hanya 88 kg sedangkan lawannya 103 kg.

Ketertarikan Jones Jr menjadi warga negara Rusia telah menarik simpatik promotor Vladimir Hrunov. Dia  berniat menggelar duel Jones Jr di Moskow, November ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.