Sukses

Setelah 12 Tahun, Klub Ini Akhirnya Kalah di Kandang

Kano tak pernah kalah dalam 202 pertandingan.

Liputan6.com, Lagos-
Akhir pekan kemarin sepakbola Nigeria dihebohkan dengan patahnya rekor kandang milik klub Premier League, Kano Pillars. Setelah 12 tahun lebih, tim juara musim lalu baru merasakan lagi pahitnya kekalahan di depan publiknya sendiri.
 
Adalah tim medioker, Nasarawa United yang mengandaskan catatan apik Pillars tersebut. Mereka meraih kemenangan tipis 2-1 kala bertandang ke Sani Abacha Stadium.
 
Ironisnya bagi Pillars, salah satu gol yang dicetak Nasarawa dihasilkan oleh mantan pemain mereka, Manir Ubale. Fakta lainnya, pelatih Pillars dalam laga tersebut adalah Baba Ganaru, pria yang Juli lalu meninggalkan jabatan di Nasarawa.
 
Pillars sendiri kini berada di posisi ke-6 klasemen sementara Liga Nigeria. Sedangkan Nasarawa bercokol dua tempat di bawahnya, posisi ke-8.
 
"Kita terakhir kalah di kandang 12 tahun lalu! Haruskah kita melakukan perayaan untuk rekor hari ini," tulis akun Twitter Kano, diberitakan BBC.
 
Terakhir Pillars kalah di kandang tepatnya pada 12 tahun, dua bulan dan dua hari sebelum dibekuk Nasarawa, yakni menghadapi Julius Berger yang sekarang menjadi Bridge FC, pada 21 Juni 2003. Sedangkan jika dihitung dari jumlah pertandingan kandang, jumlah totalnya adalah 202.
 
Pillars merupakan tim yang baru berdiri pada 1990. Mereka memiliki julukan Masu Gida yang artinya 'Pemilik Kandang'. Sudah sangat jelas julukan tersebut mereka dapatkan karena memiliki catatan apik ketika bermain di depan publiknya sendiri. (Tho/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini