Sukses

Rooney Hat-trick, Manchester United ke Fase Grup Liga Champions

Manchester United (MU) unggul agregat gol 7-1 atas Club Brugge.

Liputan6.com, Brugge - Manchester United (MU) dengan meyakinkan lolos ke fase grup Liga Champions 2015-16. Klub berjuluk Setan Merah itu unggul agregat gol 7-1 setelah pada leg play-off kedua menang 4-0 atas Club Brugge di Jan Breydelstadion, Kamis (27/8/2015) dini hari WIB.

Wayne Rooney tampil gemilang dalam laga ini. Striker berusia 29 tahun tersebut mencetak tiga gol. Sementara satu gol lagi disumbang Ander Herrera.

Meski sudah unggul agregat dua gol, Manajer MU Louis van Gaal tetap memainkan skuat terbaiknya saat bermain tandang menghadapi Brugge. Rooney, Juan Mata, Adnan Januzaj, serta Memphis Depay dimainkan di lini serang. Sementara posisi penjaga gawang ditempati Sergio Romero.

Striker Manchester United Wayne Rooney mencetak hat-trick ke gawang Club Brugge pada leg kedua play-off Liga Champions di Jan Breydelstadion, Kamis (27/8/2015). (Liputan6.com/Reuters / Carl Recine Livepic)

MU membuka keunggulan di menit ke-20. Berawal dari aksi individu Depay di sisi kanan pertahanan Brugge, gelandang asal Belanda itu mengirimkan umpan terobosan kepada Rooney ke kotak penalti. Rooney yang lolos dari pengawalan lawan dengan tenang menaklukkan kiper Sinan Bolat untuk menceploskan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk MU.

Depay nyaris menggandakan keunggulan MU di menit 36. Menggiring bola sendirian dari tengah lapangan hingga kotak penalti, ia tinggal berhadapan dengan kiper Bolat. Sayang, Depat telat menendang sehingga bola bisa diblok Duarte dan hanya menghasilkan sepak pojok. Hingga turun minum, skor tidak berubah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Gol Tercipta di Babak Kedua

Di babak kedua, Van Gaal memainkan Bastian Schweinsteiger untuk menggantikan Januzaj. Masuknya gelandang senior asal Jerman itu membuat serangan MU lebih hidup. Dalam 12 menit, MU mampu mencetak dua gol tambahan.

Pada menit 49, lewat kerjasama yang apik, Rooney kembali menjebol gawang Brugge. Berawal dari umpan Depay kepada Herrera, bola langsung disodorkan kepada Rooney. Dengan tenang, Rooney menaklukan kiper Bolat.

Striker Manchester United Wayne Rooney merayakan gol ke gawang Club Brugge pada leg kedua play-off Liga Champions di Jan Breydelstadion, Kamis (27/8/2015). (Liputan6.com/EMMANUEL DUNAND / AFP)

Delapan menit berselang, Rooney mencetak hat-trick. Lolos dari jebakan off-side, Rooney meneruskan umpan terobosan Mata di kotak penalti untuk menjebol gawang Brugge. Skor 3-0 untuk MU.

Herrera membawa MU unggul 4-0 lewat golnya di menit 63. Schweinsteiger dengan jeli memberikan umpan manis kepada Herrera yang menusuk ke kotak penalti. Dengan dingin, Herrera menipu kiper Bolat untuk mencetak gol. MU unggul 4-0.

Brugge nyaris memperkecil skor di menit ke-65. Namun, tendangan keras Vanaken masih membentur mistar gawang.

MU berpeluang menambah gol di menit ke-81 setelah mendapat hadiah penalti karena Duarte handball di kotak terlarang. Namun, Javier Hernandez yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Ia terpeleset sehingga tendangan penaltinya melenceng.

Para pemain Manchester United merayakan gol ke gawang Club Brugge pada leg kedua play-off Liga Champions di Jan Breydelstadion, Kamis (27/8/2015). (Liputan6.com/JOHN THYS / AFP)

Kesempatan emas kembali didapat Hernandez di menit ke-88. Umpan silang mendatar Young tepat berada di depan mulut gawang, di mana pemain yang akrab disapa Chicharito itu berada. Sayang, sepakannya justru melambung tinggi. Skor 4-0 untuk MU pun bertahan hingga laga usai. (Bog/Ary)

Susunan pemain

Club Brugge: 38 S. Bolat, 2 D. De fauw, 4 O. Duarte, 28 L. De Bock, 5 J. Castelletto, 63 B. Bolingoli Mbombo (21 D. Cools, 77), 25 R. Vormer, 6 Claudemir, 7 Víctor Vazquez (20 H. Vanaken, 62), 9 T. De Sutter, 10 A. Diaby (55 T. Dierckx, 63)

Manchester United: 20 Romero, 36 M. Darmian, 12 C. Smalling, 23 L. Shaw; 16 M. Carrick 8, Mata (14 J. Hernandez, 64), 17 D. Blind, 21 Ander Herrera (18 A. Young, 62), 11 A. Januzaj (31 B. Schweinsteiger, 46), 10 W. Rooney, 7 M. Depay

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.