Sukses

Undian Liga Champions: MU Terancam Masuk Grup Neraka

MU hanya ditempatkan di pot kedua pada undian yang digelar nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta- UEFA akan melakukan undian fase grup Liga Champions nanti malam, Kamis (27/8/2015). Total 32 klub akan bersaing di babak utama. 10 klub lolos setelah melalui play-off.

Mulai musim 2015-2016, UEFA mengubah peraturan di Liga Champions. Juara Liga Europa musim lalu otomatis mendapat tiket ke fase grup Liga Champions. Spanyol pun musim ini akan memiliki lima wakil karena Sevilla menjuarai Liga Europa musim lalu.

Penentuan unggulan di Liga Champions kali ini juga berbeda ketimbang musim sebelumnya. Kali ini delapan klub unggulan tidak diambil dari klub dengan nilai koefisien UEFA tertinggi. Klub unggulan berdasarkan juara liga dari delapan liga yang memiliki nilai koefisien tertinggi di UEFA.

Sedangkan untuk penghuni pot kedua, ketiga dan keempat, penentuannya masih tetap berdasarkan nilai koefisien UEFA setiap klubnya.

Itu artinya klub-klub besar yang biasa langganan tampil di Liga Champions seperti Real Madrid, Manchester United hingga Arsenal tidak otomatis jadi unggulan. Ketiga klub tersebut masuk di pot 2 bersama Atletico Madrid, FC Porto, Valencia, Manchester City dan Bayer Leverkusen.

Pot 1 akan dihuni para tim juara liga seperti Juventus, Bayern Muenchen, Barcelona, Chelsea, Benfica, Paris Saint Germain, Zenit St Petersburg dan PSV Eindhoven.

Peraturan baru ini membuat peluang terciptanya grup neraka di fase grup semakin besar. Sebagai contoh MU yang ditempatkan di pot kedua bukan tidak mungkin akan tergabung dalam satu grup bersama Barcelona, Roma (Pot 3)  dan VfL Wolfsburg (Pot 4).

Sesuai peraturan, di fase grup ini, klub yang berasal dari satu negara yang sama masih belum bisa saling bertemu. Klub dari Rusia dan Ukraina juga tidak akan ditempatkan dalam satu grup yang sama.

UEFA akan mengundi fase grup Liga Champions Kamis malam mulaipukul 22.45 WIB.

Pot 1: Barcelona, Bayern München, Chelsea, Benfica, PSG, Juventus, Zenit dan PSV Eindhoven.


Pot 2: Real Madrid, Atlético, Porto, Arsenal, Manchester United, Valencia, Bayer Leverkusen, Manchester City


Pot 3: Shakhtar Donetsk, Sevilla, Lyon, Dynamo Kyiv, Olympiacos, CSKA Moskow, Galatasaray,


Pot 4: BATE Borisov, Borussia Mönchengladbach, Wolfsburg, Dinamo Zagreb, Maccabi Tel-Aviv, Gent, Malmo, Astana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini