Sukses

6 Data dan Fakta Menarik Jelang MotoGP Inggris

MotoGP 2015 akan berlangsung di Inggris, atau tepatnya di Sirkuit Silverstone pada Minggu (30/8/2015).

Liputan6.com, London - MotoGP 2015 akan berlangsung di Inggris, atau tepatnya di Sirkuit Silverstone pada Minggu (30/8/2015). Seri ke-12 MotoGP tahun ini kemungkinan besar bakal diwarnai persaingan sengit duo Yamaha, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan pembalap Honda, Marc Marquez.

Saat ini, di papan klasemen pembalap, Rossi dan Lorenzo mengumpulkan poin yang sama, yakni 211 poin. Hasil di Silverstone tentu bakal berpengaruh banyak dengan perburuan gelar juara dunia yang dimenangkan oleh Marquez dalam dua tahun terakhir.

MotoGP

Marquez memang tertinggal 52 poin dari dua rider Yamaha tersebut, namun dia masih punya peluang untuk menjadi juara dunia. Sebab, masih ada tujuh balapan lagi yang harus dimainkan.

Rossi, Lorenzo dan Marquez saling kejar-kejaran poin demi gelar juara dunia.

Silverstone menjadi ajang pertama Marquez untuk mempertahankan gelar. Dia harus bisa mengalahkan Lorenzo dan Rossi untuk memperpendek selisih poin.

Sirkuit terbaik di Inggris ini sudah menggelar balapan MotoGP sejak tahun 1977. Silverstone memiliki 12 tikungan yang sangat menantang.

Mau tahu fakta lainnya tentang balapan di Sirkuit Silverstone? Simak di halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta GP Inggris

Fakta GP Inggris

1. Pembalap Suzuki asal Amerika Serikat, Pat Hennen menjadi rider pertama yang berhasil menaklukkan Sirkuit Silverstone. Dia menjuarai GP Inggris di tahun 1977.

2. Sejak tahun 1977, Sirkuit Silverstone sudah menggelar 38 balapan di kelas MotoGP. Tercatat, ada 21 pembalap yang berhasil menyentuh garis finis lebih awal dari yang lain.

3. Pembalap Honda, Dani Pedrosa masih memegang rekor sebagai pembalap yang paling cepat melahap satu lap di Sirkuit Silverstone. Catatan waktunya adalah 2 menit 01,941 detik di tahun 2013.

Dani Pedrosa

4. Valentino Rossi menjadi pembalap yang paling sering finis di posisi pertama di Sirkuit Silverstone. Dia sudah menang di GP Inggris sebanyak lima kali.

Valentino Rossi

5. Tim yang paling sukses di Sirkuit Silverstone adalah Honda. Pabrikan asal Yamaha itu sudah menang di Inggris hingga 16 kali.

6. Marc Marquez berhasil juara di GP Inggris tahun lalu. Dia mengalahkan Lorenzo dan Rossi yang masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga. (Cak/Win)

Marc Marquez

Baca juga:

Wawancara Carlos Bacca: Tinggalkan Sevilla Karena Rumahnya Milan

Wawancara Daley Blind: Bicara Soal Depay dan Posisi Baru di MU

Seperti Ini Wajah Imut 7 Pelatih Saat Masih Jadi Pemain Bola

Wawancara Eksklusif Jokowi: Piala Presiden, Bepe dan Evan Dimas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.