Sukses

Profil Gresik United: Kebo Giras Coba Lanjutkan Trend Positif

Tim yang sempat berjaya di era 1990-an dan 2002 ini memuncaki klasemen ISL sebelum dihentikan oleh PSSI.

Liputan6.com, Gresik - Gresik United tampil mengejutkan di pentas ISL musim 2015. Tim yang sempat berjaya di era 1990-an dan 2002 ini memuncaki klasemen ISL sebelum dihentikan oleh PSSI gara-gara ribut dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Tim besutan Liestiadi ini tampil garang dengan memetik tiga kemenangan di tiga laga. Poin sempurna dikantongi tim berjuluk Kebo Giras. Menghadapi Piala Presiden, Gresik United pantang tampil setengah-setengah. Si Laskar Joko Samudro ini tetap mengandalkan kekuatan lama di turnamen pra musim ISL.

Pertimbangan tetap memakai skuat lama cukup beralasan. Liestiadi tidak ingin persiapan tim menghadapi Piala Presiden 2015 terganggu dengan masalah adaptasi pemain yang nantinya menjadi ganjalan tim ketika tampil di perhelatan ini. Bahkan, pada latihan perdana, pekan lalu, Gresik hanya menggunakan satu pemain asing, Herman Dzumafo Epandi.

Gresik United memiliki sejarah panjang di perhelatan Liga Indonesia. Pada 1994, Gresik United runner up Divisi Utama. Kemudian di tahun 2002, mereka mendapatkan gelar juara. Gresik United--ketika itu bernama Petrokimia Putera--juga melahirkan pemain hebat seperti Jacksen F Tiago, Ferri Raymond Hattu, Carlos de Mello, dan kiper Derryl Sinnerine

Terlepas dari kepercayaan diri tinggi menatap Piala Presiden, sang Kapten Bima Sakti mengakui kalau kompetisi yang vakum menjadi tantangan sendiri bagi tim mampu berbicara di Piala Presiden. Pada pertandingan kontra Arema Cronus, 26 Agustus 2015, pemain veteran Indonesia ini masih butuh pembenahan.

"Persiapan minim, sekitar dua pekan membuat persiapan kami sempit. Yang pasti, membuat tim yang solid membutuhkan waktu," ujar pemain yang memperkuat Timnas Indonesia periode 1995 hingga 2001.

Liestiadi sendiri melihat, kebugaran pemain menjadi kendala menghadapi Piala Presiden 2015. Pelatih keturunan Tionghoa ini melihat pekerjaan rumah ini ketika tim menghadapi PON Jawa Timur, 22 Agustus 2015 lalu.

"Persiapan kami baru sekitar 75 persen. Namun saya optimistis, kondisi mereka bakal pulih 100 persen sebelum bertanding di Piala Presiden." (Rjp/Rco)

Data Tim

Nama lengkap: Persegres Gresik United
Julukan: Laskar Jaka Samudra
Stadion: Petrokimia, Gresik
Ketua Umum: H. Saiful Arif
Manajer: Bagoes Cahyo Yuwono
Pelatih: Lestiadi

Kiper

Muhammad Ridwan
Aji Saka

Bek

Supriyono
Sasa Zecevic
Agus Nova
Roni Fatahillah
RomyAgustiawan
Rendy Siregar
Ikhwani Hasanuddin
Lan Bastian Balatas
Wismoyo Widhistio

Pemain Tengah

Jejen Zaenal Abidin
Muhammad Kamri
Dian Irawan
Fitra Ridwan
Kacung Munif
Khabib Syukron
David Faristian
Bima Sakti

Pemain Depan

Dimas Drajad
Yusuf Effendi
Donny Fernando Siregar
Diego Gama
Matsunaga Shohei

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.