Sukses

Profil Persela Lamongan: Kuda Hitam Berlari Lagi

Setiap musim ISL baru dimulai, tim asal Jawa Timur ini menjadi momok bagi tim-tim besar.

Liputan6.com, Lamongan - Kompetisi yang terhenti membuat Persela Lamongan gagal menunjukkan kekuatan sesungguhnya. Setiap musim ISL baru dimulai, tim asal Jawa Timur ini menjadi momok bagi tim-tim besar. Kendati cenderung tidak diperkuat pemain bintang, toh Persela tetap mampu merepotkan.

Kilas balik ke belakang, boleh dibilang Persela sebagai tempat persinggahan pemain beken di Tanah Air. Fabiano Beltrame, Mario Costas, Gustavo Lopez, hingga Syamsul Arif tercatat pernah memperkuat tim yang bermarkas di Stadion Surajaya ini.

Kini, Persela dihuni banyak pemain muda, mayoritas pemain yang menghuni skuat pada awal musim ini. Eky Taufik, Zainal Haq, dan Radikal Idealis merupakan deretan pemain muda yang masih menjadi pilihan menajemen tim untuk tampil di Piala Presiden. Persela sendiri masih mempertahankan pemain lawas, kiper Choirul Huda, Taufik Kasrun, Zainul Arifin ditambah pemain seperti Arif Ariyanto, Agus Salim serta Bijahil Calwa.

Kendati skuat didominasi pemain lokal, tidak menyurutkan kepercayaan diri manajemen, tim mampu berbicara banyak di kancah Piala Presiden tahun ini. Total, Persela memboyong 22 pemain.

Guna memperkuat skuat, Persela juga mendatangkan pemain asing dari Afrika. Mereka adalah Mereka adalah Mamadou Lamarana Diallo (Guinea/striker), lalu Frank Ongfiang (Pantai Gading/gelandang) dan Banaken Bassoken (Kamerun/bek). Trio tersebut sudah tidak asing dengan atmosfer di Indonesia.

Mamadou bekas pemain PSM Makasar musim lalu, Ongfiang adalah eks pemain Sriwijaya FC, lalu Basoken mantan pemain Persitara Jakarta Utara. Ketiga pemain asing ini sudah didaftarkan untuk turnamen Piala Presiden.

Pelatih caretaker Arema, Joko 'Gethuk' Susilo sendiri cemas dengan kekuatan yang bakal disemburkan Persela. Tangan kanan almarhum Suharno ini menilai, Persela bisa tampil mengejutkan. "Meski di pra musim kami sering bertemu, tapi Persela seringkali menunjukkan permainan berbeda," ucap Joko cemas, Si Kuda Hitam siap berlarih lagi.

Di babak penyisihan grup, Arema segrup dengan Persela, Sriwijaya FC, dan PSGC Ciamis. Persela bakal membuka perhelatan Piala Presiden pada 5 September 2015 mendatang. PSGC Ciamis menjadi rintangan pertama Persela.

Pelatih caretaker Persela, Didik Ludiyanto berharap keberuntungan bagi timnya. Syukur-syukur Persela bisa menyentuh partai semifinal. "Kami inginnya seperti saat melakoni SCM Cup 2015 lalu. Ketika itu, Persela mencapai semifinalis dan merebut juara empat," ucap Didik. (Rjp/Rco)

Data Klub

Nama Lengkap: Persatuan Sepak Bola Lamongan
Julukan: Laskar Joko Tingkir
Didirikan: 8 April 1967
Stadion: Surajaya (Kapasitas: 15.000)
Pelatih: Didik Ludiyanto (Caretaker)

Daftar Pemain

Kiper

Choirul Huda
Roni Tri
Gilang Firmansyah

Bek

Eki Taufik
Asep Budi
Zainal Haq
Akbar Zakaria
Taufik Kasrun
Riszky Mirzamah
Andik Rendi Rama
Mahyadi Panggabean
David Pagbe

Gelandang

Danu Rosade
Radikal Idealis
Jusmadi
Bangkit Sabily
Zaenal Arifin
Arif Aryanto
M Yogi Novrian
Dias Bayu Saputra
Balsa Bozovic

Penyerang

Bijahil Chalwa
Agus Salim
Eki Nurhakim
Pedro Javier

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.