Sukses

Setelah 10 Tahun, Boaz Kini Berkostum Klub Lain

Boaz Solossa sudah diizinkan memperkuat Pusamania Borneo FC di Piala Presiden.

Liputan6.com, Jakarta: Di Liga Indonesia, jarang ada pemain yang mampu bermain bagi satu klub dalam waktu yang begitu lama. Dan di antara sedikitnya pemain itu, nama Boaz Solossa adalah salah satunya.

Sebagai putra asli Papua, Boaz identik dengan Persipura Jayapura. Bagaimana tidak, sudah 10 tahun sejak 2005, Boaz berseragam tim Mutiara Hitam -julukan Persipura. Empat gelar juara Liga Indonesia dan satu Piala Community Shield Indonesia pun sudah dipersembahkan Boaz untuk Persipura.

Sebagai pemain bintang, rayuan-rayuan untuk pindah sering datang kepada Boaz. Hampir di setiap musim, Boaz selalu dikaitkan dengan sejumlah klub yang menginginkan jasanya.

Boaz Salossa (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada 2011 silam misalnya, klub Liga Belanda, VVV Venlo kabarnya sempat menginginkan Boaz pada 2011 lalu. Persipura lewat Ketua Umumnya Manse Robert Kambu kala itu bahkan telah memberikan lampu hijau untuk Boaz pindah.

Pada akhirnya, Boaz pun lebih memilih setia kepada Persipura. Kesetiaan tersebut pun terbayar lunas ketika Boaz menghantarkan Persipura menjuarai Liga Indonesia 2012/13.

Kesetiaan itulah yang akhirnya membuat Boaz menjadi salah satu pemain yang menjadi idola masyarakat Papua. Rasanya, tidak berlebihan jika Boaz disebut sebagai salah satu legenda Persipura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Izin

Pada musim 2014/15 ini, Liga Indonesia diterpa badai hebat. Kompetisi terpaksa dihentikan karena konflik Kemenpora dan PSSI. Persipura pun sempat dikabarkan bubar.

Dihentikannya kompetisi tentu berdampak kepada pemain tak terkecuali Boaz. Banyak pemain yang terpaksa banting stir untuk menghidupi keluarga mereka.

Boaz memang tidak harus banting stir ke profesi lain. Namun, dia terpaksa mengorbankan kesetiaannya kepada Persipura Jayapura. Tim yang sudah mendarah daging buatnya.

Boaz Salossa (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada 31 Agustus 2015, Boaz hijrah ke Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan status pinjaman. PBFC pun menjadi tim pertama di luar Persipura yang dibela Boaz.

Itu terjadi setelah pihak Persipura lewat Ketua Umum, Benhur Tomi Mano mengeluarkan izin bagi Boaz untuk membela PBFC di Piala Presiden. Benhur mengungkapkan, dirinya menginzinkan Boaz demi kepentingan Boaz sendiri.

"Turnamen ini kan untuk pemain juga, saya ingin masyarakat melihat Boaz tampil bermain bola lagi, tentu Boaz boleh main," kata Benhur.

Kini, masyarakat tinggal menunggu Boaz berseragam PBFC. Apakah kiprah singkatnya bersama PBFC bakal moncer seperti saat membela Persipura, atau justru sebaliknya? (Luthfie Febrianto/Def/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini