Sukses

Klarifikasi Resmi MU Soal Transfer De Gea

MU tidak mau disalahkan sebagai penyebab kegagalan transfer De Gea.

Liputan6.com, Manchester- Manchester United tidak mau disalahkan atas batalnya transfer kiper David de Gea ke Real Madrid. Setan Merah balik menuding Madrid sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam masalah kepindahan De Gea ke Santiago Bernabeu.

Seperti diketahui, De Gea gagal pindah ke Madrid di hari terakhir penutupan bursa transfer musim panas 31 Agustus 2015. Pria Spanyol itu tidak bisa pindah klub karena dokumen yang dibutuhkan terlambat diserahkan.

Padahal saat itu kedua klub sudah menyepakati kepindahan De Gea. Madrid bersedia memberikan mahar 29 juta pound ditambah kiper asal Kosta Rika Keylor Navas.

Setelah De Gea gagal pindah, Madrid bersikeras mereka telah melakukan "segala sesuatu yang diperlukan" untuk menyelesaikan kesepakatan. Mereka malah menyalahkan MU.

Tak mau disalahkan MU langsung balas merilis klarifikasi batalnya transfer De Gea. MU membeberkan kronologi transfer De Gea tersebut melalui situs resminya.

Berikut Pernyataan Resmi MU:

1. Manchester United mencatat pernyataan Real Madrid terkait usaha untuk merekrut David de Gea dan menjual Navas ke Manchester United. Klub merasa harus memberikan sejumlah klarifikasi dengan fakta-fakta sebagai berikut:

2. Manchester United tidak mencari kontak dari Real Madrid untuk penjualan David. David adalah anggota penting dari skuat kami dan klub lebih memilih tidak menjualnya.

3. Tidak ada tawaran yang diterima untuk David sampai kemarin (Senin 31 Agustus).

4. Saat jam makan siang kemarin, Real Madrid mengajukan tawaran pertamanya untuk membeli David. Kedua klub mencapai kesepakatan, yang termasuk Navas ditransfer ke Old Trafford. Kesepakatan ini bergantung satu sama lain.

5. Dalam beberapa jam terakhir dari proses transfer, dengan Navas berada di tempat latihan Real Madrid, Real Madrid mengontrol pengurusan dokumen David, Navas, dan Real Madrid. Manchester United cuma mengontrol pengurusan dokumen Manchester United.

6. Manchester United mengirimkan dokumen transfer untuk kedua pemain kepada Real Madrid pada pukul 20.42 BST (waktu lokal Inggris). Dokumen David dikembalikan oleh Real Madrid kepada Manchester United tanpa halaman penandatanganan pada pukul 22.32 BST.

7. Pada pukul 22.40 BST, beberapa menit sebelum deadline, ada perubahan besar dalam dokumen yang datang ke Manchester United, yang membuat kesepakatan berisiko batal.

8. Baru pada pukul 22.55 BST dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk memutus kontrak David diterima oleh Manchester United dari Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Madrid yang Salah

9. Pada titik ini, dokumen Navas masih belum dikembalikan oleh Real Madrid.

10. Pada pukul 22.58 BST, kesepakatan transfer dikirim balik oleh Manchester United, diunggah ke TMS dan diterima -- semuanya sebelum deadline.

11. Dalam pemahaman kami, transfer tidak terwujud karena:

-Real Madrid tidak meng-upload dokumen David ke TMS tepat waktu (Manchester United sudah melakukannya).

-Real Madrid tidak meng-upload dokumen David ke otoritas Liga Spanyol tepat waktu. Laporan menunjukkan mereka baru melakukan sekitar 28 menit setelah deadline.

12. Fakta bahwa Manchester United mengirimkan dokumen-dokumen tepat waktu diakui oleh FA, yang siap membantu mendukung klaim tersebut dalam diskusi apapun dengan FIFA. Pihak klub menawarkan bantuan ini kepada Real Madrid, tapi mereka memilih untuk tidak menempuh jalur ini.

-Manchester United bertindak secara pantas dan efisien dalam kesepakatan-kesepakatan transfernya. Pihak klub senang karena pemain favorit pilihan suporter dalam dua tahun terakhir, David de Gea, tetap menjadi pemain Manchester United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.