Sukses

5 Fakta Menarik Liga Inggris Hingga Pekan Keempat

Berbicara soal Liga Inggris bukan hanya soal siapa yang duduk di puncak klasemen sementara. Ada sejumlah catatan menarik tercipta

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris yang telah memasuki pekan ke empat sedang mengalami jeda internasional. Manchester City sejauh ini masih memimpin klasemen dengan poin sempurna, 12 yang diraih dari empat kemenangan.

Namun berbicara soal Liga Inggris bukan hanya soal siapa yang duduk di puncak klasemen sementara. Ada sejumlah catatan menarik tercipta kendati Liga musim 2015/16 masih seumur jagung.

Berikut lima catatan menarik yang dihimpun Liputan6.com:

1. Soal penguasaan bola, Arsenal juaranya

Arsenal boleh saja memulai liga dengan lambat usai memetik poin tujuh dari empat laga, hasil dari satu kekalahan, satu kali imbang, dan dua kali menang. Namun  soal penguasaan bola, tim asuhan Arsene Wenger itu masih juaranya.

Whoscored mencatat, Aaron Ramsey dkk. rata-rata menguasai bola hingga 65,1 persen di tiap laganya. Itu jauh mengungguli pemuncak klasemen saat ini, Manchester City yang hanya duduk di tempat ketiga dengan rata-rata penguasaan bola 57,8 persen.

Penguasaan bola terbanyak dicatat Meriam London saat bertandang ke Saint James Park, markas Newcastle United, (29/8). Ketika itu, Arsenal mencatatkan penguasaan bola hingga 74 persen.

2. David Silva si Raja Assist

David Silva (Reuters / Carl Recine )


Penampilan ciamik Manchester City sejauh ini tentu tak lepas dari sosok David Silva. Terbukti, gelandang asal Spanyol itu total sudah melesakkan empat assists dari empat pertandingan.

Dengan torehan itu, Silva pun berpotensi melampaui catatan assistsnya di Liga Inggris musim lalu yang hanya mencapai tujuh. Sekedar informasi, selama karirnya membela Manchester City sejak 2011, Silva telah menorehkan 50 assits di Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riyad Mahrez dan Manchester City

3. Sensasi Riyad Mahrez

Siapa top skor Liga Inggris hingga pekan ke empat? Bukan Sergio Aguero, bukan pula Wayne Rooney melainkan bomber Leicester City City, Riyad Mahrez.

Nama Mahrez muncul sebagai kejutan di tengah rentetan nama  bomber anyar dengan menjadi top skor hingga pekan ke empat dengan empat gol. Itu membuat dia menyumbang setengah dari seluruh gol Leicester yang berjumlah delapan.

Kontan saja, capaian itu membuatnya langsung dihubung-hubungkan dengan sejumlah klub besar seperti Arsenal dan Barcelona. Kedua klub itu disebut Metro ingin memboyong Mahrez pada bursa transfer Januari tahun depan.

4. Nama City Bawa Hoki?

Ada lima tim yang membawa embel-embel nama City di Liga Inggris musim ini. Dari lima tim tersebut, tiga tim rupanya kebagian nama hoki hingga pekan keempat.

Manchester City, Leicester City dan Swansea City menjadi tiga tim yang belum terkalahkan hingga pekan keempat. Berkat hal itu, ketiganya pun kini duduk di empat besar klasemen sementara.

Sebaliknya buat dua tim lain: Stoke City dan Norwich City. Stoke malah belum pernah menang dari empat pertandingan dan terdampar di peringkat 18.

Norwich sedikit lebih beruntung dengan memetik satu kemenangan, satu kali imbang, dan dua kali kalah. Alhasil, The Cannaries -julukan Norwich- harus puas ada di tempat 14.

5. Start Terburuk Chelsea di bawah Jose Mourinho

REKOR - Empat prestasi Jose Mourinho tercatat di buku rekor dunia. (Twitter Chelsea)


Chelsea hingga pekan keempat duduk di peringkat 13 klasemen sementara dengan hasil satu kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah. Ternyata, torehan itu merupakan start terburuk The Blues di bawah Jose Mourinho.

Tak heran, muncul prediksi ini adalah musim terakhir Mourinho bersama Chelsea.

Statistik empat pertandingan awal Chelsea di Liga Inggris bersama Mourinho.

2004/05 pekan kempat peringkat kedua
2005/06 pekan keempat peringkat satu
2006/07 pekan keempat peringkat empat
2007/08 pekan keempat peringkat satu
2013/14 pekan keempat peringkat enam
2014/15 pekan keempat peringkat satu
2015/16 pekan keempat peringkat 13

Baca juga:

Di Indonesia Ada Tuhan, Sepak Bola Punya Janda Duda

Juventus Bakal Jual Pogba Lebih dari Rp 1,5 Triliun

5 Duda Keren Lapangan Hijau Penggoda Kaum Hawa

Eks Tangan Kanan Ferguson: Kemana Pemain Bintang MU?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini