Sukses

2 Bocah Cilik Indonesia Berjaya di Kompetisi Renang Australia

Mereka meraih 2 emas dan 1 perunggu.

Liputan6.com, Perth - Nabilah Umarella dan Maharani Sekar Langit adalah dua atlet cilik yang mewakili Indonesia di ajang bergensi renang indah di Australia. Renang Indah adalah salah satu cabang akuatik yang memadukan teknik renang, music dan keseragamana gerak.

Nabilah Umarella (11) yang akrab disapa Lala, jatuh cinta pada olahraga ini sejak 3 tahun yang lalu. Berawal dari prestasi renang lintasan selama 1,5 tahun, Lala semakin serius menggeluti olahraga ini.

Di bawah bimbingan Ragil Sugirestu Andayani, pelatih kepala di Yuso Swimming Club Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Lala berlatih 5x seminggu. Selain itu, Lala juga melakukan kegiatan pendukung renang indah yaitu gymnastics, ballet, gitar klasik, drama dan olah vocal. Ini semua adalah bagian dari proses belajarnya sebagai seorang homeschooler.

Banyak kejuaraan yang telah Lala menangkan sejak tahun 2013. Pada bulan Agustus lalu, Lala mendapatkan juara 1 untuk nomor solo, duet dan tim.

Sementara Maharani Sekar Langit (12) yang akrab dipanggil Sekar adalah atlet renang lintasan yang menekuni olahraga renang sejak umur 4 tahun. Sekar telah menjuarai beberapa kejuaraan renang lintasan. Sekar mulai menekuni renang indah hampir dua tahun terakhir.

Lala dan Sekar mewakili Indonesia di kejuaraaan renang indah dalam kompetisi Kejuaraan Renang Indah Antar-Negara Persemakmuran (Hancock Prospecting Commonwealth Festival of Synchronised Swimming ) yang diikuti oleh 10 negara pada hari Kamis, 3 September 2015 di Perth, Australia Barat. Indonesia adalah satu-satunya negara non-persemakmuran yang diundang dalam kejuaraan ini.

Khusus untuk kejuaraan ini, Lala dan Sekar dilatih oleh Bethany Burton, pelatih renang indah asal USA. Lala dan Sekar sukses meraih total dua medali emas dan satu medali perunggu. Emas pertama diraih pada Kamis (3/9) untuk kategori renang indah duet kategori umur di bawah 12 tahun.

Ini adalah duet Lala dan Sekar yang kedua kalinya yang membuahkan medali emas. Sebelumnya mereka berdua juga mendapatkan mendali emas untuk nomor duet di kejuaraan Jogja Open pada bulan Agustus lalu.

Pada hari Jumat, mereka beraksi kembali untuk kategori renang indah solo kelompok umur di bawah 12 tahun. Lala berhasil meraih podium nomor satu dengan raihan skor akhir 56.1667 dan Sekar berhasil meraih nomor tiga dengan nilai akhir 54.3333. Mereka berhasil mengalahkan para pesaing dari Australia, Singapura, Inggris, Afrika Selatan, dan beberapa Negara Persemakmuran lainya.

Menurut Ully Pitaloka (ibunda Nabillah), untuk berkompetisi di Australia, pihaknya menggunakan dana sendiri untuk terbang dari Yogyakarta ke Perth dan mengurus sendiri dokumen-dokumen yang diperlukan agar Sekar dan Lala dapat berpartisipasi di ajang bergensi renang indah di Australia.

“Panitia menanggung akomodasi selama berada di Perth, sementara itu pihak KJRI di Perth mendukung dengan menyediakan makan siang selama lomba serta transportasi bandara-hotel pulang pergi,” kata Ully dalam rilis yang diterima Liputan6.com. Pengeluaran dan kerja keras terbayar dengan keberhasilan Lala dan Sekar membawa pulang total 2 emas dan 1 perunggu. (Jnp/Ary)

Nabilah Umarella dan Maharani Sekar Langit (Istimewa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.