Sukses

Arema Cronus Vs PSGC: Duel Beda Kasta

Arema Cronus akan berhadapan dengan PSGC di Kanjuruhan, Rabu (9/9/2015).

Liputan6.com, Jakarta Arema Cronus hanya membutuhkan hasil imbang guna memastikan satu tempat di babak delapan besar Piala Presiden 2015. Tugas ini harusnya tidak terlalu berat bagi Singo Edan saat tampil  di Stadion Kanjuruhan, Rabu (9/9/2015).

Apalagi tim yang akan dihadapi di partai pamungkas Grup B nanti adalah wakil Divisi Utama, PSGC. Dari jam terbang hingga pasokan amunisi, tim lawan sebenarnya bukanlah tandingan Arema.

Seperti diketahui Arema merupakan tim sarat pengalaman. Singo Edan telah merasakan manisnya gelar juara di tiga kompetisi elite yang pernah berjalan di Indonesia.

Di era Galatama, tim kebangaan Aremania itu pernah juara pada tahun 1992-93. Prestasi yang sama juga diukir Arema di Liga Indonesia 2004 lalu. Saat kasta tertinggi kompetisi Tanah Air berubah menjadi Liga Super Indonesia (ISL), Arema tak kalah moncer. Singo Edan keluar sebagai jawara ISL musim kompetisi 2009-10. Koleksi ini belum termasuk gelar-gelar turnamen .

Deretan trofi bergengsi ini setidaknya menjadi gambaran jam terbang Arema di belantika sepak bola Indonesia. Belum lagi, deretan pemain bintang yang menghuni Singo Edan. Nama-nama seperti Cristian 'El Loco' Gonzales, Ahmad Bustomi, Dendi Santoso, Arif Suyono, Kurnia Meiga, Lancine Kone, cukup membuat "silau" para pemain tim-tim lawan.

Kondisi ini berbeda dengan yang dialami tim lawan, PSGC. Maung Galuh merupakan tim yang berlaga di pentas Divisi Utama. Semifinalis 2014 itu juga hadir di Piala Presiden dengan status sebagai tim pengganti. Ini setelah Mahaka Sports And Entertainment selaku pihak penyelenggara Piala Presiden kesulitan meyakinkan seluruh klub ISL. Selain PSGC, dua tim pelengkap lainnya adalah Persita Tangerang dan Martapura FC. Tampil sebagai tim pelengkap, PSGC pun hadir dengan komposisi seadanya.

Hanya ada satu pemain asing di tim ini. Saat menghadapi Arema, dua pemain andalannya M Irpan dan Budi Awan juga terancam tidak bisa tampil. Irpan kemungkinan absen karena sakit demam dan Budi masih berkutat dengan cedera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Terjal


Situasi ini tentu membuat jalan PSGC menuju babak 8 besar semakin terjal. "Terpenting pemain waspada karena kita melawan tim kuat, banyak pemain bagus seperti Lancine Kone. Kita harus tampil habis–habisan,” kata Pelatih PSGC, Heri Rafni Kotari.

Sementara itu, sadar timnya di atas angin, Pelatih Arema Joko Susilo mengingatkan pemainnya. Dia meminta agar para pemain tidak menganggap enteng tim lawan. Sebab tergelincir di laga ini bisa berbuah petaka. "Kami tidak bisa menganggap ringan laga ini. Semua tim masih punya peluang yang sama besar untuk lolos ke babak selanjutnya,” kata Joko di Malang, Selasa (8/9/2015).

Pria yang akrab disapa Gethuk itu pun berjanji akan menginstruksikan pemainnya tampil all out. Apalagi sistem head to head yang diterapkan memungkinkan siapapun yang menang dalam laga ini lolos ke babak selanjutnya.

"Arema bisa gagal lolos dari fase grup jika kalah dari PSGC Ciamis sedangkan Persela menang atas Sriwijaya FC dalam pertandingan besok," kata Joko. "Kita harus tetap mewaspadai PSGC, mereka memiliki kualias kolektivitas tim yang layak diacungi jempol. Apalagi tim ini sudah lama dibentuk untuk persiapan Piala Presiden,” sambung Joko.


Prediksi Line Up:
Arema Cronus: I Made Wardana (gk), Fabiano Beltrame, Purwaka Yudi, Alfarizie, Hasyim Kipuw, Juan Revi, Kone, Arif Suyono, Samsul Arif, A Bustomi (c), C Gonzales

PSGC: Barep Wahyudi ; Ledi Utomo, Julia Mardianus, Ipan Priyanto, Vinsens, Andi Dwi Kurniawan, Susanto, Budi Awan, Arip Budiman, Osas Saha, Rinto Hermawan.

Lima Laga Terakhir:
Arema Cronus
1/9/2015: Arema Vs Persela :1-1 (Piala Presiden)
5/9/2015: Arema Vs Sriwijaya FC: 3-1 (Piala Presien)
11/8/2015: Arema Vs Persib : 1-0 (Uji coba)
1/8/2015: Arema Vs Bali United: 0-1 (Uji coba)
7/4/2015: Arema Vs Barito Putera: 1-0 (ISL)

PSGC Ciamis
5/9/15: PSGC Vs Sriwijaya FC: 0-1 (Piala Presiden)
5/9/15: PSGC Vs Persela : 1-1 (Piala Presiden)
24/5/15: PSGC Vs Selangor: 1-2 (Uji coba)
24/11/14: PSGC Vs Pusamania Borneo FC: 0-0 (DU)
26/10/14: Persiwa Wamena Vs PSGC: 0-3 (DU)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.