Sukses

Pusamania Borneo FC: Kekuatan Merata di Semua Lini

Pusamania Borneo FC akan berhadapan dengan Persib Bandung di perempat final.

Liputan6.com, Jakarta Pusamania Borneo FC (PBFC) memang baru didirikan tahun lalu. Namun kiprahnya di Piala Presiden 2015 sangat apik.

Tergabung di Grup D bersama PSM makassar, Persipasi Bandung Raya, dan Gresik United, PBFC lolos sebagai runner up tanpa menderita satu kekalahan pun. Total, PBFC memetik poin tujuh hasil dari dua kali menang dan satu kali imbang.

Di babak perempat final, PBFC akan berhadapan dengan raksasa Jawa Barat, Persib Bandung. Leg pertama akan digelar di kandang Pusamania antara 19-20 September 2015 dan leg kedua di kandang Maung Bandung antara 26-27 September 2015.

Dalam mengarungi Piala Presiden, PBFC terbilang tim yang seimbang baik di lini serang maupun belakang. Terbukti, PBFC baru kemasukan satu gol dan memasukan lima gol dari tiga pertandingan di fase grup.

Hal tersebut tak terlepas dari meratanya kualitas pemain di semua lini. Di lini belakang ada duet bek senior Hamka Hamzah dan M. Roby. Sementara di lini tengah, permainan dikomando oleh eks kapten timnas Indonesia, Ponaryo Astaman.

Dan, urusan menggedor pertahanan diserahkan kepada  Srdan Lopicic. Penyerang asal Montenegro itu total telah mencetak dua gol di Piala Presiden kali ini. Daya gedor PBFC semakin diperhitungkan berkat kehadiran striker Persipura Boaz Solossa.

Sepanjang babak penyisihan, PBFC sudah mengantongi tujuh kartu kuning. Namun pundi-pundi uang Pesut Etam tidak akan berkurang karena tak satu pemain pun yang menerimanya dalam dua pertandingan beruntun. Diperkirakan uang tampil Pusamania Borneo FC masih utuh, yakni Rp500 juta. Ini belum termasuk uang transportasi tim tamu sebesar Rp 100 juta. (Lut/Rco)

Profil Klub
Pusamania Borneo FC (PBFC)
Berdiri: 2014
Julukan: Pesut Etam
Pelatih: Iwan Setiawan
Prestasi: -

Kiprah di Piala Presiden 2015
Grup D
31 September: Persipasi Bandung Raya (PBR) 0-2 Pusamania Borneo FC
4 September: Gresik United 1-3 Pusamania Borneo FC
8 September: PSM 0-0 Pusamania Borneo FC

Klasemen Akhir Grup D
1. PSM Makassar: poin 7
2. Pusamania Borneo FC: poin 7
3. Persipasi Bandung Raya: poin 3
4. Gresik United: poin 0

Topskor: Srdan Lopicic (dua gol)

Starting Eleven PBFC di Piala Presiden:
4-2-3-1: Galih Sudaryono (Kiper); Hamka Hamzah, M. Roby, Diego Michiels, Zulvin Zamrun; Ponaryo, Fandy Achmad, Terens, Basri Lohy, Boaz; Lopicic

Rincian kartu kuning Pusamania Borneo FC
vs Gresik United: 1 kartu kuning (Zulvin Zamrun)
vs PSM Makassar: 3 kartu kuning (R. Latif, D. Triasdi, Michiels)
vs Persipasi Bandung Raya: 7 kartu kuning (M. Ashari, Arpani, Fandhy Achmad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.