Sukses

11 Pertandingan Terseru Liga Champions Versi UEFA

Beberapa pertandingan berakhir sangat dramatis.

Liputan6.com, Jakarta- Mendekati matchday pertama fase grup Liga Champions yang akan dimulai pada Rabu dini hari nanti, Badan Sepakbola Tertinggi Eropa (UEFA) merilis beberapa pertandingan klasik di ajang tersebut.
 
Banyak pertandingan-pertandingan Liga Champions yang sudah berjalan, namun dari sekian banyak pertandingan diajang Liga Champions, UEFA hanya memilih 11 pertandingan yang dinilai paling seru dan dramatis.
 
Berikut pilihan pertandingan-pertandingan klasik menurut UEFA :
 
1. Rangers 2-2 Olympique de Marseille (1992-93)
 
Rangers menjamu Marseille di Stadion Ibrox untuk pertama kalinya di ajang Liga Champions, Marseille berhasil unggul 0-2 terlebih dahulu melalui gol Alen Boksic dan Rudi Voller. Tuan rumah berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 melalui Gary McSwegan dan Mark Hateley berhasil menyamakan keadaan menjadi 2-2, dan menyelamatkan satu poin untuk untuk Rangers.   
 
2. Newcastle United 3-2 Barcelona (1992-93)
 
Newcastle menjadi tim debutan dalam ajang Liga Champions. The Magpies tak butuh waktu lama untuk membuat kejutan, terbukti Newcastle berhasil mengalahkan Barcelona. Faustino Asprilla menjadi bintang lapangan. Dia mencetak hattrick ke gawang Barcelona. Gol Luis Enrique dan Luis Figo tak mampu menyelamatkan Barcelona dari kekalahan.
 
3. Manchester United 3-3 Barcelona (1998-99)
 
Barcelona datang ke Stadion Old Trafford, untuk berhadapan dengan United. Tuan rumah berhasil unggul 2-0 lebih dulu melalui gol Ryan Giggs dan Paul Scholes, namun El Barca mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Sonny Anderson dan Giovanni. David Beckham membuat Old Trafford kembali bergemuruh setelah membuat United unggul 3-2. Namun Luis Enrique berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti dan memaksa pertandingan berakhir imbang. Manchester United menjadi juara pada tahun ini.
 
4. Galatasaray 3-2 Monaco (2000-01)
 
Pertandingan ini berjalan dengan mendebarkan, setelah pertandingan terlihat akan berakhir imbang, namun tuan rumah berhasil mencetak gol nya pada menit akhir melalui sundulan Capone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Hamburg 4-4 Juventus (2000-01)
 
Pertandingan yang berlangsung di AOL Arena berakhir dengan total 8 gol. Tim tamu berhasil unggul terlebih dahulu melalu gol Igor Tudor, namun pemain Hamburg, Tony Yeboah berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Filippo Inzaghi memborong dua gol sehingga membawa Nyonya tua unggul 1-3, tetapi Hamburg langsung membalas dengan tiga gol dan menjadi Unggul 4-3 atas Juve. Inzaghi menjadi penyelamat untuk klubnya, melalu gol nya dari titik penalti, yang menjadikan pertandingan berakhir imbang.
 
6. Juventus 3-2 Celtic (2001-02)
 
Bermain di Stadion Delle Alpi, tuan rumah berhasil unggul 2-0 melalui gol David Trezeguet, tim tamu berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Stiliyan Petrov dan Henrik Larsson, ketika pertandingan akan berakhir berakhir, Nicola Amoruso berhasil mencetak gol kemenangan untuk Juventus.
 
7. Bayern Munchen 2-3 Deportivo La Coruna (2002-03)
 
Dalam pertandingan ini Roy Makaay mencetak hattrick ke gawang Bayern Muenchen. Super Depor sempat unggul 0-2 terlebih dahulu, namun Munich berhasil menyamakan kedudukan 2-2 melalui gol Hasan Salihamidzic dan Giovane Elber. Beruntung Deportivo mempunyai Roy Makaay, Dia mencetak gol kemenangan di menit ke 77, dan membawa Deportivo menang.
 
8. Olympique Lyon 2-0 Real Madrid (2006-07)
 
Dalam pertandingan ini, Juninho menjadi pemain pembeda, pemain asal Brasil bermain dengan sangat baik. Lyon berhasil menang berkat gol dari Fred dan Tiago.
 
9. Barcelona 2-2 AC Milan (2011-12)
 
Juara bertahan Barcelona berhadapan dengan Milan, namun itu adalah sinyal peringatan untuk mempertahankan gelarnya. Tertinggal 0-1 lebih dahulu melalui gol Pato, Barca membalikan keadaan menjadi 2-1 lewat gol Pedro dan David Villa. Saat pertandingan akan berakhir, David Silva berhasil menyamakan skor menjadi 2-2.
 
10. Real Madrid 3-2 Manchester City (2012-13)
 
Pertandingan ini berjalan dengan ketat, kedua tim tidak mampu mencetak gol pada babak pertama. Setelah babak kedua, City berhasil unggul lewat gol Edin Dzeko. Marcelo berhasil menyamakan kedudukan, tetapi Kolarov kembali membawa City unggul menjadi 1-2. Drama dimulai saat Benzema berhasil mencetak gol penyeimbang dan puncaknya mega bintang Madrid mencetak gol kemenangan pada saat injury time. 
 
11. Chelsea 1-2 Basel (2013-14)
 
Pertandingan ini tampaknya akan berjalan mulus bagi tuan rumah. The Blues berpeluang menang dengan mudah, setelah Oscar mampu membawa Chelsea unggul. Namun semua berjalan diluar rencana. Basel mampu berbalik unggul 2-1 melalui gol Salah dan Streller. Chelsea kalah dengan dramatis dihadapan suporternya sendiri. (Oleh Girman Soemantri) (Tho/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

Video Terkini