Sukses

Profil Sandy Suta: Berkilau Berkat Polesan Paman

Sandy Darman Suta sudah mengemas satu gol di Piala Presiden 2015.

Liputan6.com, Legian - Lincah dan energik. Dua kata ini cocok menggambarkan sosok Sandy Darman Suta di skuat Bali United. Satu gol telah dilesakkannya di Piala Presiden 2015 saat Laskar Tridatu mencukur Persija Jakarta 3-0 pada laga pembuka, 30 Agustus lalu.

Gesit dalam menyerang, pemain yang akrab disapa Sute itu kerap merepotkan pertahanan lawan dari sisi kiri. Namun dia juga tidak malas untuk turun membantu pertahanan saat lawan sedang menekan. Dengan kemampuan yang dimilikinya, wajar bila pelatih Bali United Indra Sjafri, kerap memberikan kepercayaan kepada Sute untuk tampil sejak menit pertama.

Sute telah mengenal sepak bola saat masih kanak-kanak. Namun dia baru rutin berlatih sejak kelas 5 SD Negeri 6 Taipa.

Adalah Agus Haci yang pertama kali menemukan bakat Sute. Paman sekaligus pelatih Sekola Sepak Bola (SSB) Rauf Junior itu melihat bakat terpendam pada diri keponakannya tersebut.

"Jauh sebelum itu saya memang sudah suka bola. Tapi baru kelas 5 SD dilatih om saya sendiri, saya berlatih serius di SSB Rauf Junior," kata Sute saat berbincang-bincang dengan Liputan6.com, di Legian, Kuta, Rabu (16/9/2015).

Insting pamannya yang melihat bakat Sute rupanya tak meleset. Anak kedua dari empat bersaudara pasangan (alm) Darman Sute dan Artini tumbuh makin piawai mengolah bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kian Terasah


Alumni SMPN 20 Palu itu lalu masuk Diklat Mandau Bontang tahun 2010. Bakatnya terus terasah. Di tahun yang sama alumnus SMKN 6 Palu itu lalu memperkuat PKT Bontang U-21.

Kariernya terus meningkat. Setahun kemudian Sute kemudian memperkuat Persisam Samarinda U-21. Ia lalu mendapat kepercayaan untuk memperkuat PON Kaltim pada tahun 2012.



Di usia muda, Sute sudah memperkuat Persisam senior. "Saya memperkuat Persisam tahun 2013-2014," terangnya. Saat tim itu pindah markas ke Pulau Dewata dan berganti nama Bali United, Sute salah satu pemain andal yang diboyong manajemen. Sute ikut diboyong ke Pulau Seribu Pura dan dipercaya oleh pelatih Indra Sjafri sebagai gelandang serang Serdadu Tridatu.

Sute berharap selalu memberikan yang terbaik untuk timnya. Ia berkomitmen membawa klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar itu ke puncak kejayaan. Hanya satu asanya; ia ingin Bali United selalu ke luar sebagai jawara dan menjadi tim elite di kancah sepakbola Nasional. "Dan, saya akan bekerja keras mewujudkan mimpi itu," demikian Sute. (Rco)

Biodata: 
Nama: Sandy Darman Suta
Lahir: 21 September 1992.
Posisi: Gelandang Serang
Klub : Bali United Pusam

Perjalanan Karier
SSB Rauf Junior
Diklat Mandau Bontang (2010)
PKT Bontang U-21 (2010)
Persisam Samarinda U-21 (2011)
PON Kaltim (2012)
Persisam Samarinda (2013-2014)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini