Sukses

Mantan Pelatih Muenchen, Dettmar Cramer Meninggal Dunia

Mantan pelatih Bayern Muenchen, Dettmar Cramer, yang telah memimpin timnya meraih trofi juara Piala Eropa pada 1970-an meninggal dunia.

Liputan6.com, Muenchen - Publik sepak bola Jerman baru saja kehilangan salah satu tokohnya. Mantan pelatih Bayern Muenchen, Dettmar Cramer, yang telah memimpin timnya meraih trofi juara Piala Eropa pada 1970-an meninggal dunia di usianya yang ke-90, Kamis 17 September lalu.

Pernyataan belasungkawa dirilis dari akun Twitter resmi Bayern, tiga jam lalu. "FC Bayern berduka atas kepergian Dettmar Cramer, yang meninggal kemarin berusia 90. Rummenigge: Seorang pelatih dan seorang pria yang hebat," tulis akun @FCBayernEN.

Cramer yang tutup usia di kediamannya di Reit an Winkl, berhasil membawa pulang trofi Piala Eropa dua kali berturut-turut pada 1975-1976, cikal bakal Liga Champions saat ini. Kala itu, skuat Die Rotten masih diperkuat Franz Beckenbauer dan Gerd Muller.

Chairman Bayern Karl-Heinz Rummenigge mengatakan dalam laman resmi klub kalau Cramer adalah orang yang juga berjasa pada awal kariernya sebagai pesepakbola. "Bagi saya, dia adalah teman yang kebapakan. Dia adalah orang yang mendukung saya hampir di sepanjang awal-awal karier saya," tutur legenda klub itu.

"Faktanya saya mampu memiliki karier yang sukses di bawah cara hebat yang turun darinya. Bayern Munich tengah berkabung atas pelatih hebat dan orang yang spesial," tutur Rummenigge lagi.

Tak hanya berjasa di level klub. Cramer merupakan tokoh yang turut membangun tim nasional Jepang, Jerman dan Amerika Serikat di panggung internasional sebagai pelatih.(Ris/Ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.