Sukses

Adu Cerdik Pelatih Arema Vs Bali United: Indra di Atas Angin

Arema Cronus akan menjamu Bali United di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (19/9/2015).

Liputan6.com, Jakarta Bali United akan bertandang ke markas Arema Cronus, Sabtu (19/9/2015). Keduanya akan bertemu di Kanjuruhan pada leg pertama babak perempat final Piala Presiden 2015. Duel ini sekaligus menjadi ajang adu cerdik dua pelatih; Indra Sjafri di kubu Bali United dan Joko "Gethuk" Susilo di kubu tuan rumah.

Menangani tim sekaliber Liga Super Indonesia (ISL), adalah hal yang baru bagi kedua pelatih. Indra sendiri baru menukangi Laskar Tridatu usai diputus kontrak sebagai pelatih Timnas U19. Pelatih asal Padang itu resmi menukangi Bali United jelang bergulirnya kompetisi ISL 2015.

Meski minim jam terbang bersama klub ISL, Indra tentu bukan pelatih sembarangan. Dia menerapkan gaya permainan timnas U-19 di Bali United. Permainan cepat mengandalkan bola-bola pendek jadi gaya bermain Bayu Gatra Cs.

Berbekal amunisi pemain muda dan persiapan yang matang, Indra menyulap tim Bali United menjadi raksasa yang menakutkan dengan gaya bermain pepepa alias pendek-pendek-panjang.

Di babak penyisihan, pasukannya mampu mempermalukan Persija 3-0, menahan Mitra Kukar 2-2 dan memulangkan Persita 2-1.

Sementara itu, Gethuk sebenarnya sudah lama berkecimpung bersama tim ISL. Namun sejak 2007, pria  berusia 44 tahun itu lebih banyak menempati posisi asisten pelatih.

Joko juga baru dipercaya sebagai pelatih kepala setelah pelatih kepala sebelumnya Suharno wafat.

Namun Joko tak bisa dianggap remeh. Pengalamannya sebagai asisten pelatih Singo Edan membuatnya sangat mengenal karakter Cristian Gonzales dan kawan-kawan. Bermodal amunisi mentereng, Gethuk tak perlu banyak memutar otak untuk mencari formasi yang tepat. Namun sebagai pendatang baru sebagai pelatih kepala Singo Edan, insting Joko belum terasah.

Keputusannya memasukkan Kurnia Meiga saat pasukannya unggul tipis 1-0 atas PSGC di babak penyisihan lalu justru berbuah blunder. Meiga yang tidak sabar malah melanggar pemain lawan di kotak terlarang sehingga berbuah penalti. Akibatnya skor pun berubah imbang 1-1 dan bertahan hingga turun minum. Beruntung tambahan satu poin cukup mengantar Arema ke 8 besar. (Rco)


Profil singkat kedua pelatih:
Nama   : Indra Sjafri
Lahir    : Lubuk Nyiur, Sumatera Barat, 2/2/1963
Prestasi :  Bersama Timnas U-19
             - Juara Piala AFF 2013
             - Lolos putaran final  Piala Asia U-19
Formasi : 4-3-3
Klub     : Bali United


Nama : Joko Susilo
Lahir  : Cepu, 9 Desember 1970
Prestasi: -
Formasi: 4-2-3-1

Klub   : Arema Cronus

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.