Sukses

Adu Cerdik Pelatih Mitra Kukar Vs PSM: Beban Jafri, Ujian Assegaf

PSM Makassar akan bertandang ke markas Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (19/9/2015).

Liputan6.com, Jakarta Mitra Kukar akan menjamu PSM Makassar di leg I perempat final Piala Presiden 2015. Kedua tim akan bertemu di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (19/9/2015). Bertekad untuk menghapus status sebagai si 'Raja Seri', Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra perlu memutar otak untuk menyusun formula terbaik pada leg pertama babak perempat final Piala Presiden 2015 ini.

Nama Jafri mulai mencuat di kancah sepak bola elite Tanah Air saat membawa Semen Padang juara Liga Primer Indonesia (IPL) 2013 lalu. Saat itu Jafri masuk menggantikan Nil Maizar yang ditarik menangani tim nasional (timnas) senior.

Saat itu, pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat itu juga mampu membawa Kabau Sirah ke babak perempat final AFC Cup 2013. Namun dewi fortuna meninggalkannya di awal musim 2015. Jafri dipecat dari Semen Padang usai gagal di SCM 2015. Posisinya kemudian diambil alih kembali oleh Nil Maizar.

Meski sempat menolak menangani klub, Jafri akhirnya menerima pinangan Mitra Kukar. Namun di babak penyisihan, Jafri seakan masih mencari formasi ideal bagi tim barunya. Hasilnya Naga Mekes hanya meraih tiga hasil imbang di babak penyisihan Grup C.

Jelang perempat final, Jafri bertekad menghapus label si Raja Seri itu dengan menyiapkan formasi terbaik melawan PSM Makassar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ujian Tandang

Sementara itu, Assegaf Razak tidak menemui banyak kendala saat dipercaya menangani PSM Makassar. Maklum, dia sudah lama mengenal tim berjuluk Juku Eja itu. Mengantongi Lisensi A nasional, Assegaf sempat ikut menyelamatkan PSM dari jurang degradasi 2009 lalu. Saat itu bersama Tony Ho, Assegaf menjadi asisten bagi pelatih kepala Tumpak Sihite.

Assegaf lalu dipercaya menangani PSM sebagai caretaker menggantikan Rudi William Keltjes yang ditarik ke Timnas U-21. Dia mengawali karirnya sebagai pelatih kepala Juku Eja sejak Juli 2014. Saat itu, Assegaf juga menyelamatkan PSM dari degradasi. Bersama Assegaf, PSM kembali menampilkan ciri khasnya, yakni bermain keras dan cepat. 
 
Mendapat mandat sebagai pelatih kepala, Assegaf pede dengan amunisi lokal. Tidak satu pun pemain asing menghiasi skuatnya. Meski demikian, PSM mampu melangkah mulus ke perempat final usai mengalahkan Gresik United 3-0, PBR 2-0, dan bermain imbang 0-0 lawan Pusamania Borneo FC (PBFC). Namun seluruh kemenangan itu diraih di kandang sendiri. Tantangan lebih berat kini menanti Assegaf saat tampil di kandang lawan, Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (19/9/2015).

Profil Pelatih:
Mitra Kukar
Nama : Jafri Sastra
Lahir: Payakumbuh, Sumbar
Prestasi:
1. Juara IPL 2013 bersama Semen Padang
2. Babak Perempat Final AFC Cup 2013 bersama Semen Padang
Formasi: 4-4-2

PSM Makassar
Nama : Assegaf Razak
Lahir:
Prestasi:Menyelamatkan PSM dari degradasi 2014
Formasi: 4-3-3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini